Implementasi Media Panggung Boneka untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Dida Nurhidayah Taman Kanak-kanak (TK) Darussalam, Kab. Garut
  • Ifat Fatimah Zahro Institutsi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) SIliwangi, Cimahi
  • Syah Khalif Alam Institutsi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) SIliwangi, Cimahi

Keywords:

Puppet Stage, Self- Confidence, Early Childhood.

Abstract

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini sangat penting, agar anak dapat percaya diri dalam setiap tindakan, dapat bebas melakukan hal-hal yang disukai, serta dapat berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan hal tersebut, media yang menarik dan memberi suasana pembelajaran yang menyenangkan, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aspek perkembangan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan menggunakan media panggung boneka. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi media panggung boneka untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak kelompok A di TK Darussalam. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 orang anak usia 4-5 tahun. Teknik dalam mengumpulkan informasi selama penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses untuk mengolah data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian telah menunjukan bahwa implementasi media panggung boneka dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dilakukan selama delapan kali pertemuan terdapat hasil dari implementasi media panggung boneka untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Kelompok A di TK Darussalam. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dapat dikembangkan bila anak mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan seperti media panggung boneka.

Growing self-confidence in early childhood is very important so that children can be confident in every action, be free to do things they like, and interact with other people. Based on this, media that is interesting and provides a fun learning atmosphere is urgently needed to improve aspects of the development of self-confidence in children, namely by using puppet stage media. The objectives achieved in this study were to find out the implementation of the puppet stage media to foster self-confidence in group A children at Darussalam Kindergarten. This research method uses descriptive qualitative. The subjects in this study were 11 children aged 4-5 years. Techniques for collecting information during research are observation, interviews, and documentation. The processes for processing the data in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the research results, it has been shown that the implementation of puppet stage media is carried out by planning, implementing, and evaluating. The research was conducted during eight meetings, and there were results from the implementation of puppet stage media to foster self-confidence in Group A children at Darussalam Kindergarten. Based on the results of the study, it can be concluded that growing self-confidence in children can be developed if children have fun learning such as puppet stage media.

References

Apriliana, S. D., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok a Di TK Adni Islamic English School Surabaya. 1-7. https://core.ac.uk/download/pdf/230644716.pdf

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan percaya diri anak dengan permainan ular tangga edukasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630-638. 10.31004/obsesi.v4i2.405

Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-240. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.104

Hartanti, A. R., & Yulia, C. (2022). Efektivitas media canva untuk meningkatkan ke-percayaan diri pada siswa. Research and Development Journal of Education, 8(2), 565-571. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13621

Julio, L. (2022). Pola asuh orang tua dalam membangun kepercayaan diri pada anak penderita stunting di Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah (Doctoral dissertation, UIN Mataram). https://etheses.uinmataram.ac.id/3644/1/Lalu%20Julio%20180303070_.pdf

Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Mening-katkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636-2639. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735

Khotijah, S., Widiatsih, A., & Kustiyowati, K. (2020). Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 108-120. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/574

Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250-2258. 10.31004/obsesi.v5i2.1109

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan aspek sosial-emosional dan kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar meng-gabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Perdana, F. J. (2019). Pentingnya kepercayaan diri dan motivasi sosial dalam keaktifan mengikuti proses kegiatan belajar. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 8(2). 70-87. 10.24235/edueksos.v8i2.5342

Putri, M. A. Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kuali-tatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362. https://media.neliti.com/media/publications/144430-ID-statistik-deskriptif-dalam-penelitian-ku.pdf

Putri, M. A., Darmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5274-5280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6320

Published

2024-11-14