Pendidikan Jasmani di Lima PAUD Kecamatan Kawalu: Menciptakan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan dan Bermanfaat
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26273Keywords:
Physical Education, Early Childhood, Motor PhysiqueAbstract
Pendidikan jasmani dan olahraga dipilih sebagai variabel dalam penelitian karena merupakan bagian penting dari pendidikan yang berkontribusi pada perkembangan fisik, sosial, emosional, dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan jasmani dan olahraga di TK-TK Kecamatan Kawalu dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian lima sekolah di Kecamatan Kawalu, yaitu TK Abdan Sholihan, RA Al-Ihya, TK Dewi Sartika, TK At-Taqwa, dan TK Sejahtera 4. Berdasarkan hasil penelitian, setiap TK atau lembaga di Kecamatan Kawalu telah menciptakan pengalaman belajar jasmani dan olahraga yang menyenangkan dan bermanfaat. Pembelajaran penjas di TK-TK di Kecamatan Kawalu menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolah.
Physical education and sports were chosen as variables in the research because they are an important part of education that contributes to physical, social, emotional, and mental development. This research aims to describe the process of physical education and sports in kindergartens in the Kawalu District to create a fun and beneficial learning experience for young children. The research method used in this research uses a qualitative approach with data collection techniques, namely through observation, interviews, and documentation studies, with data analysis techniques carried out by data triangulation starting from data collection, data reduction, and conclusion. The research subjects were five schools in Kawalu District, namely Abdan Sholihan Kindergarten, RA Al-Ihya, Dewi Sartika Kindergarten, At-Taqwa Kindergarten, and Sejahtera 4 Kindergarten. Based on the research results, every kindergarten or institution in Kawalu District has created physical learning and sports experiences that are fun and useful. Physical education learning in kindergartens in Kawalu District offers a fun and useful learning experience through an approach that is tailored to the needs and conditions of each school.
References
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hasanah, U. (2018). Permainan dalam pendidikan jasmani anak usia dini. Jakarta: Gemilang Edukasi.
Iswanto, A., & Widayanti, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 13–17. 10.21831/majora.v27i1.34259
Komariah, K., & Jumiatin, D. (2024). Meningkatkan kemampuan jasmani anak usia dini melalui permainan lompat tali. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(3), 233-243. URL:https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/22584
Latifah, A. U., Nufus, A. M., Latifah, N., Rizkita, N. P., Khairunnisa, P., & Mulyana, A. (2024). Pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah dasar menuju gaya hidup bersih dan sehat. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 89–102. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3023
Mulyana, A., Lestari, D., Pratiwi, D., Rohmah, N. M., Tri, N., Agustina, N. N. A., & Hefty, S. (2024). Menumbuhkan gaya hidup sehat sejak dini melalui pendidikan jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 321–333. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2998
Mulyana, S. (2015). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk smalb tunanetra. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. URL:https://pmpk.kemdikbud.go.id/bukudigital/products/pendidikan-jasmani-olahraga-dan-kesehatan-5fc165276ba8a
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68-80. http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Nafisa, D., Hafsah Tsalisa, H., Nurbaiti, I. S., Yusuf, Z. A., Putri, Z. I., Mulyana, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pentingnya pengembangan keterampilan fisik pada anak-anak melalui mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (pjok) di sekolah dasar. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15446
Noerpratomo, R. H., Robandi, B., & Fitri, M. (2024). Pedagogi olahraga dan kebugaran anak usia dini: systematic literature review. Jurnal Dunia Pendidikan, 5. http://dx.doi.org/10.55081/jurdip.v5i1.2662
Nugraha, B. (2015). Pendidikan jasmani olahraga usia dini. Jurnal Pendidikan Anak 4(1), 557-564. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Mulyati, M. (2019. Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pembelajaran. Journal of Islamic Educatioan, 1(2), 277–294. URL:https://www.neliti.com/publications/362372/menciptakan-pembelajaran-menyenangkan-dalam-menumbuhkan-peminatan-anak-usia-dini
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. In metodologi penelitian kualitatif. URL:https://books.google.com/books/about/Metode_Penelitian_Kualitatif.html?id=uaZ-EAAAQBAJ
Supriyadi, A. (2020). Pengaruh model outdoor education terhadap keterampilan motorik kasar untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 12–20. URL:https://jmpo.stkippasundan.ac.id/index.php/jmpo/article/view/3
Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–7. URL:https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2605
Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil belajar peserta didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 915–931. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/1197