Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eksperimen

Authors

  • Amala Yahdi Azia RA At-Taqwa Leuwigajah, Kota Cimahi
  • Lenny Nuraeni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26406

Keywords:

Experimental Activities, Scientific Abilities

Abstract

Kemampuan sains pada anak kelompok B1 di Raudhatul Athfal (RA) At-Taqwa masih banyak anak yang kemampuan sainsnya berada pada kategori Mulai Berkembang. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan sains tersebut melalui kegiatan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains pada anak kelompok B1 di RA At-Taqwa melalui kegiatan eksperimen. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan kelas merupakan suatu siklus yang berkesinambungan dengan Subjek penelitian berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan analisis data deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan sains anak pada tahapan prasiklus yakni 44,5% dengan kategori Mulai Berkembang. kemudian mendapatkan hasil di siklus 1, kemampuan sains pada anak meningkat sekitar 59,7% dengan kategori berkembang sesuai harapan. Kemudian setelah mendapat tindakan siklus 2, kemampuan sains anak mencapai 73,2% dengan kategori berkembang sesuai harapan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen sangat perlu diterapkan di lembaga RA At-Taqwa disamping kegiaran tanya jawab dan bercakap-cakap yang diterapkan sebelumnya sehingga menjadi satu kesatuan yang saling mendukung untuk meningkatkan kemampuan sains pada anak.

The science ability of group B1 children at Raudhatul Athfal (RA) At-Taqwa is still in the category of Beginning to Develop. Therefore, we need to try to enhance these science abilities through experimental activities. This study aims to determine the increase in science abilities in group B1 children at RA At-Taqwa through experimental activities. The method used is classroom action research. Classroom action is a continuous cycle with 17 children as research subjects. The data collection technique uses observation techniques with quantitative descriptive data analysis with a percentage formula. The results of the data analysis show that children's science abilities at the pre-cycle stage are 44.5% with the category Beginning to Develop. Then get the results in cycle 1: children's science abilities increase by around 59.7%, with the category developing according to expectations. Then, after receiving cycle 2 action, children's science abilities reach 73.2%, with the category developing according to expectations. This shows that experimental activities need to be implemented at the RA At-Taqwa institution in addition to the question-and-answer and conversation activities that were implemented previously so that they become a mutually supportive unit to improve children's science skills.

References

Amelia, M. N., & Nuraeni, L. (2021). Penerapan metode proyek berbasis steam untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 151-159. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Astutik, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54-62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran sains bagi anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 38-49.

Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100-113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231

Lutfiana, L. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen melalui sentra bahan alam (PTK di TK Muslimat NU Masyithoh 08) Kramatsari Kota Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan). http://etheses.uingusdur.ac.id/511/

Ma’viyah, A. (2021). Metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini (experimental methods in science learning for early childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 97-101. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/715

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1481

Nuraeni, L., & Westisi, S. M. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan reg-gio emilia untuk meningkatkan kreativitas anak dalam konteks merdeka belajar di Taman Kanak-kanak Kota Cimahi pada masa pandemi covid 19. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 51-63. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p51-63.2065

Nurlaela, E., & Nuraeni, L. (2021). Pengaruh permainan maze dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun. CERIA (Cerdas Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 4(2), 144-150. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Priyantoro, D. E., Ma'viyah, A., Risnawati, A., & Maulidya, D. (2021). The Role of the Family in Cultivating Islamic Moderation Value to Early Childhood. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 183-194. https://www.e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/2376

Rodhiyah, R., Elyana, L., & Santoso, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Cuci Tangan Bergantian di Kelompok Bermain Kasih Ibu Gringsing Batang. Sentra Cendekia, 1(2), 36-42.

Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan daring pendekatan reggio emilia melalui bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak dalam konteks merdeka belajar bagi pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6864

Windy, K. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bunda Al-Munawaroh (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/15394/

Published

2025-04-30