Hubungan Penyajian Bekal Makanan (Bento) dengan Pendekatan Ibu dan Anak di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26407Keywords:
Food Provision, Mother, Children, PreschoolAbstract
Rentan nya hubungan keluarga antara ibu dan anak dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja, anak pun merasa terabaikan apalagi terhadap asupan makanan anak yang cenderung dilakukan oleh sang ibu yang sudah sibuk diluar rumah untuk lebih memilih makanan siap saji, membiarkan anak jajan sembarangan dan tidak memperhatikan kandungan gizi sehingga membuat penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana hubungan kedekatan ibu dan anak yang berkembang melalui pembuatan bekal makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang terjalin dengan kedekatan antara ibu dan anak yang diberikan dalam hal penyajian bekal makanan (bento) pada Raudhatul Athfal (RA). Melalui studi literatur ini penulis mengambil berbagai sumber data dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan terkait dengan hubungan pendekatan ibu dan anak melalui penyajian bekal makanan (bento). Analisis Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data, pengorganisasian, serta analisis lanjutan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari jurnal Online yang terdapat pada Google Schoolar Setelah itu sumber data ini dianalisis lebih dari 15 artikel yang dimulai dari tahun 2005 hingga saat ini. kemudian diuraikan dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yang penulis dapat dari analisis data tersebut selanjutnya akan dikaji kembali dengan menggunakan deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa penyajian bekal makanan (bento) terbukti memberikan hubungan pada pendekatan antara ibu dan anak yaitu perantara berkomunikasi, dan dapat mengontrol asupan anak.
The vulnerability of family relationships between mothers and children due to parents who are busy working, children also feel neglected, especially regarding the child's food intake, which tends to be done by the mother, who is already busy outside the home, preferring fast food, letting children buy snacks carelessly, and not paying attention to nutritional content, so the author wants to research more deeply how the closeness of the mother and child develops through the preparation of food supplies. This study aims to analyze the relationship that is established with the closeness between mothers and children in terms of serving food supplies (bento) at Raudhatul Athfal (RA). Through this literature study, the author took various data sources from published journals related to the relationship between the mother and child approach through the presentation of food supplies (bento). Analysis Data collection was carried out by collecting data, organizing it, and further analyzing it using documentation methods taken from online journals found on Google Scholar. After that, this data source was analyzed in more than 15 articles starting from 2005 to the present. Then described using descriptive analysis methods. The results of the research that the author obtained from the data analysis will then be reviewed again using descriptive analytics. Based on the results of data analysis, it was found that the presentation of food supplies (bento) was proven to provide a relationship between the approach between mother and child, namely as a communication intermediary, and can control the child's intake.
References
Atmanti, H. D. (2005). Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan. Jurnal Dina-mika Pembangunan (JDP), 2(1), 30-39. https://core.ac.uk/download/pdf/11716657.pdf
Chaerunnimah, A. A. (2021). Pemberdayaan orang tua siswa dalam pembuatan bekal menu seimbang anak sekolah. Media Implementasi Riset Kesehatan. 2 (1). 27-31. https://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/penmas/article/view/2011
Daryanti, M. S., & Puspitasari, E. (2020). Pelatihan pembuatan makan bento pada ibu-ibu pkk di Botokenceng Wirokerten Banguntapan Bantul. Jurnal Inovasi Abdimas Ke-bidanan (Jiak), 1(1), 28-31. 10.32536/jpma.v1i1.68
Insani, A. (2022). Pemenuhan asupan gizi anak melalui bekal makanan sehat bagi kesehatan anak usia dini. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 843-848. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i3.3270
Karaki, K. B., Kundre, R., & Karundeng, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Sulit Makan pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Desa Palelon Kec. Modoinding Minahasa Selatan. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.35790/jkp.v4i1.10797
Manggala, Y. M. G. C. (2020). Japanese curry fish katsu sebagai bento kaya protein bagi anak. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/35967/0
Pergiwati, A. M. (2020). Pengaruh Penyajian Makan Siang dalam Bentuk Karakter Animasi Ala Bento terhadap Daya Terima dan Asupan Gizi pada Anak Pra-sekolah (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). https://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3375/
Permadi, K. A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan status gizi anak usia dini me-lalui bekal makanan (LUNCH BOX) di RA AL QODIR Wage taman SI-DOARJO. Skripsi,(diakses pada http://digilib. uinsby. ac. id/45635/2/Kumala% 20Ardianti% 20Permadi_D98216038. pdf).
Rachmawati, E., Mufidah, L., & Sulistiyani, T. (2020). Pelatihan Pengolahan Bento untuk Meningkatkan Kreativitas Menciptakan Bekal Makanan. Abdimas Dewantara, 3(1), 22-28. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.6903
Rachmawati, S. R., & Setyowati, S. (2019). Kegiatan menghias nasi kuning (bento) dalam menstimulasi pemenuhan gizi seimbang pada anak kelompok B di TK Negeri Pem-bina Surabaya. PAUD Teratai. 8 (2). 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/28723
Rahmi, P. (2019). Peran nutrisi bagi tumbuh dan kembang anak usia dini. Jurnal Pendidi-kan Anak Bunayya, 5(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6380
Roosiani, I., & Puspitasari, E. (2023). Tradisi Obento Ditinjau Dari Sisi Budaya Masyarakat Jepang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 599-610. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.599-610.2023
Sabella, O. (2021). Studi Literature: Efektivitas Kompres Hangat Pada Pasien Typhoid Abdominalis Dengan Masalah Keperawatan Hipertermi (Doctoral dissertation, Uni-versitas Muhammadiyah Ponorogo). https://eprints.umpo.ac.id/6762/
Sari, F., & Ernawati, E. (2018). Hubungan Sikap Ibu Tentang Pemberian Makanan Bayi Dan Anak (PMBA) Dengan Status Gizi Bayi Bawah Dua Tahun (Baduta). Journal of Health (JoH), 5(2), 77-80. https://doi.org/10.30590/vol5-no2-p77-80
Siti, A. (2021). Pengenalan gizi seimbang pada anak usia dini melalui kegiatan memben-tuk kreasi makanan di Raudhatul Athfal Muslimat NU Kembaran Kecamatan Kem-baran Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). https://repository.uinsaizu.ac.id/9223/
Sukamti, E. R. (1994). Pengaruh gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Cakrawala Pendidikan, 3. 139-153. 10.21831/cp.v3i3.9154
Wahyudin, E., & Angraeni, Y. (2021). Persepsi Orang Tua tentang Kebutuhan Gizi Anak melalui Bekal Makanan di RA Ashhabul Maemanah Maniskidul. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(2), 19-29. https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.13346
Yulianti, I. P., Hidayat, A. N., Nadiroh, U. S., Yulianti, S., & Apriandi, A. E. (2022). Kajian literatur penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran sains. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 108-114. https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.10110