Powerpoint Interaktif: Aplikasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini
Keywords:
Interactive Powerpoint, Reading and Writing LiteracyAbstract
Literasi baca tulis merupakan salah satu cabang dari perkembangan bahasa anak, oleh karena itu literasi baca tulis sangat penting untuk diperkenalkan kepada anak sedari dini. Akan tetapi dalam kenyataannya anak-anak mudah merasa bosan ketika melakukan pembelajaran mengenai literasi. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi media pembelajaran untuk memperkenalkan literasi baca tulis untuk anak, salah satunya adalah dengan menggunakan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat literasi baca tulis anak usia dini dengan aplikasi powerpoint interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif kuantitatif. Subjek penelitian merupakan anak usia dini kelompok B yang berjumlah 12 peserta didik di RA Al-Hidayah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi sebanyak 6 kali kepada peserta didik dan wawancara kepada guru kelas. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif dapat meningkatkan minat literasi baca tulis pada anak usia dini. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan di dalam indikator yang terdiri dari anak mampu mengurutkan dan membaca gambar menjadi sebuah cerita, anak mampu menyebutkan benda yang berawalan huruf vokal dan konsonan, anak mampu mengelompokkan gambar yang memiliki huruf awalan sama, dan anak mampu menyusun dan faham arti dari kata yang ditunjukkan.
Literacy is one of the branches of children's language development; therefore, it is very important to introduce literacy to children from an early age. However, in reality, children easily get bored when learning about literacy. Therefore, innovation in learning media is needed to introduce literacy to children, one of which is by using interactive PowerPoint. This study aims to determine the increase in interest in literacy in early childhood with interactive PowerPoint applications. This study uses a quantitative descriptive research method. The study subjects were 12 early childhood group B students at RA Al-Hidayah. Data collection was carried out by observing students 6 times and interviewing class teachers. Data analysis was carried out using descriptive statistical analysis using percentages. The results of the study showed that the use of interactive PowerPoint can increase interest in literacy in early childhood. This improvement can be seen from the increase in indicators consisting of children being able to sort and read pictures into a story, children being able to name objects that start with vowels and consonants, children being able to group pictures that have the same initial letter, and children being able to compose and understand the meaning of the words shown.
References
Abrahams, S. Q., & Cendana, W. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Minat Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal IKA: Ikatan AlumniPGSD UNARS. 13(1), 161-172. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3090
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Khairi, H. (2020). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna. 2(2), 15-28. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=907930&val=14298&title=KARAKTERISTIK%20PERKEMBANGAN%20ANAK%20USIA%20DINI%20DARI%200-6%20TAHUN
Kurniawan, R., & Parnawi. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 184-195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148
Munasti, K., & Suyadi, S. (2021). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567
Pramestika, A.L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Data dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 110-114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.610
Rahwati, S., & Windarsih, C. A. (2021). Implementasi Metode Phonics Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 2714–4107. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1
Saudale, M., Astawan, G., & Paramita, V. A. (2022). Metode Game Edukasi Berbasis Power Point Interaktif Dalam Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. 7(3), 0–00. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk
Trinuryono, S., Ponorogo, U. M., & Perikanan, J. (n.d.). SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA. 2–7.
Wulansuci, G., & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p44-50.1272
Yanti, M., Sumitra, A., & Wulansuci, G. (2022). Efektifitas Media Audio Visual Dalam Proses Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 224. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10425