Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Abjad Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini
Keywords:
Speaking Ability, Alphabetic Dice, ChildrenAbstract
Masih banyak anak usia dini yang kesulitan untuk berbicara secara fasih sehingga ada kata-kata yang tidak dapat dimengerti oleh pendidiknya. Diantaranya, kurangnya stimulus yang diberikan oleh orang tua maupun guru disekolah dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya. Beberapa faktor yang melatar belakangi kurangnya keterampilan dan kemampuan berbicara pada anak antara lain, yakni strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran masih cenderung monoton atau teacher center, kurangnya media pembelajaran dan pembelajaran masih terpaku kepada Lembar Kerja Anak (LKA). Dengan demikian, peneliti berusaha untuk membuat sebuah media pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun, yaitu “Dadu Abjad Flanel”. Tujuan penelitian yang dilakukan di TK Miftahul Jannah ini, untuk mengetahui keefektifitan media pembelajaran dadu abjad flanel dalam peningkatan kemampuan berbicara. Adapun dalam penelitian ini menggunkan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menciptakan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut, dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara, dengan analisis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu rancangan produk yang dikembangkan peneliti mendapatkan kategori sangat layak, guru dan anak menunjukkan respon baik dan antusias, serta keterampilan berbicara anak menjadi meningkat.
There are still many early childhood children who have difficulty speaking fluently so there are words that cannot be understood by their educators. Among them, is the lack of stimulus given by parents or teachers at school in strengthening their speaking skills. Some factors that underlie the lack of skills and abilities to speak in children include, namely, the strategies used by teachers in learning still tend to be monotonous or teacher-centered, the lack of learning media, and learning is still focused on Children's Worksheets (LKA). Thus, researchers try to create a learning medium that can be used to improve the speaking skills of children aged 5-6 years, namely "Flannel Alphabet Dice." The purpose of the research conducted at Miftahul Jannah Kindergarten is to determine the effectiveness of flannel alphabet dice learning media in improving speaking skills. This study uses the research and development method (research and development), namely a research method used to create a particular product and test the effectiveness of the product, with research subjects aged 5-6 years. Data collection techniques in this study were questionnaires, observations, and interviews, with quantitative and qualitative research analysis. The results of this study are that the product design developed by the researcher was categorized as very feasible, teachers and children showed good and enthusiastic responses, and children's speaking skills improved.
References
Andriani, M. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca melalui kegiatan bermain me-nyusun dadu huruf di kelompok B TK Dharma Wanita Campurejo Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016
Anggraeni, D., Hartati, S., Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Issue 2 (2019) Pages 404-415. 10.31004/obsesi.v3i2.224
Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Ma'ruf, F. (2021). Pengembangan game edukasi berbasis flash sebagai sarana belajar siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidi-kan), 2(3), 143-147. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.68
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35237630/Teknik_Pengembangan_R___D-libre.pdf?1413991828=&response-content-disposi-tion=inline%3B+filename%3DRESEARCH_AND_DEVELOPMENT_R_and_D_SEBAGAI.pdf&Expires=1745749521&Signature=b2NLK3m1BqGuzeRkDIPziwOAyrVrI-OiLZDOl8nijKk2aDwNA3j5gERTKjkoHoRqn1nFA~MMqDASyx1VL2HnWsGWcd7JnQy8VJkxLWdV7zsuf4tvnK8hjOHSKM8boQ9zxP3BRcdI5XS~CYi2dcIW8nD6dq~ih75rZ4CpOn9pAHvg3V-QmaypWsxt-Cy1dOER1DWynpelxxshn8Gr3b5vA7xg8yvy~K586iafCUmNGE1bAzpGKUUhgzZ6IlKsZ0aTcP8s1d75bxcvInv4PsFYpzYxEWg7Z797RgV91QrrrjqpTpD9s8TNRAHVM5ARF-D24aeM4dqQTLiTdt2PvpRmsafw__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Lit-erasi. Thufula, 8(1), 112-124. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238
Ilmiah, A., Ertanti, D. W., & Anggraheni, I. (2021). Penerapan permainan dadu huruf un-tuk meningkatkan bahasa anak kelompok B RA Al-Fattah Karangduren Pakisaji Ma-lang. Jurnal Dewantara, 2(2), 196-201. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/7968
Jafar, F. S., Satriana, M. (2018). Penerapan model pembelajaran sentra dalam pengem-bangan kecerdasan bahasa ekspresif anak usia dini. Jurnal Psikologi Volume 4 No. 1 September 2018 p-ISSN: 2460-8750 e-ISSN: 2615-1731.http://dx.doi.org/ 10.26858/talenta.v4il.6784
Jaya, I, M, L,M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia
Pradana, R. (2012). Pengembangan media pembelajaran biologi uji makanan menggunakan adobe flash professional cs5. Universitas Negeri Yogyakarta. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/52067705/Jurnal-libre.pdf?1488949406=&response-content-disposi-tion=inline%3B+filename%3DPENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_BIOLO-GI.pdf&Expires=1745750035&Signature=Aiyichtalem2IAjLqn090idAgpUAa2KTvJU~dm6Kllku0dxT3HvkiQdVoYFhXunImkIQyqK~uLn0FGDVDURSKn4xlvYcLMlVNI48GIPrjkabrSAc39FRRRusl4iQYIzUBg9LIU~Ax7G5z1v8LySvXx2Bpe9Ipg5v17GnayqOULk4SuvpaGK5M7TbWIaqbgVnF2QHd79wt0gzcbOhpAUVTcQbeTXHzONyA41MCPJ92CEqRCSyc2YjtEfq14SSRUAiY5HYTgIHzO3IfMQNzjMG0WGqiBphFf7lJ6MA5MYezAIUweOSB~0Ti-loScZUeQZ3Rkva-povDsyvCXc869U3eQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan media ko-tak pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Rochmah, A. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara melalui media dadu kura-kura pintar pada kelompok a di Taman Kanak-Kanak Mamba’ul Ulum Panjunan Waru Si-doarjo. (Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 2019). http://digilib.uinsa.ac.id/29801/