Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Ineu Nurjanah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Ifat Fatimah Zahro Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Syah Khalif Alam Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26473

Keywords:

Flashcard Media, Early Childhood, Counting

Abstract

Berdasarkan kegiatan observasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa aspek dari perkembangan kognitif terhadap anak masih harus di kembangkan salah satunya dengan pemahaman serta pengenalan terhadap konsep dasar matematika atau kemampuan berhitung dasar anak, akan tetapi kegiatan berhitung kurang diminati oleh anak karena hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor baik dari guru, media maupun metode pembelajaran yang digunakan sebagai alat pendukung, sehingga dengan adanya media flash card ini mampu membantu anak pada proses pembelajaran mengenai kemampuan berhitung anak.  Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon peserta didik dalam penerapan media flash card terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru serta kepala sekolah Kober Nurjannah Arasyi dan anak usia 5-6 tahun yang berjumlah enam orang anak. Teknik pengumpulan data ini melalui teknik observasi dan wawancara. Pengolahan data yang telah dicatat dan dikumpulkan, dianalisis dengan melakukan  reduksi data, display data serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berhitung kepada empat anak, dari keenam anak tersebut terdapat empat orang anak yang mampu menyebutkan angka dan menghitung benda dengan baik tetapi hanya dua anak yang dapat menjumlahkan bilangan dari 1 sampai 20 dengan menggunakan media flash card.   Based on the observation activities that have been carried out, it was found that aspects of cognitive development in children still need to be developed, one of which is by understanding and recognizing basic mathematical concepts or children's basic arithmetic skills, but arithmetic activities are less popular with children because this is caused by several factors, both from teachers, media, and learning methods used as supporting tools, so that with the presence of this flash card media, it can help children in the learning process regarding children's arithmetic skills. Therefore, the purpose of this study was to determine the response of students to the application of flashcard media to the arithmetic skills of children aged 5-6 years. The research method used was descriptive qualitative. The subjects of this study were teachers and the principal of Kober Nurjannah Arasyi and children aged 5-6 years, totaling six children. This data collection technique was through observation and interview techniques. The processing of data that had been recorded and collected was analyzed by reducing data, displaying data, and drawing conclusions. Based on the results of the study, showed an increase in the counting ability of four children. Of the six children, four were able to name numbers and count objects well, but only two children were able to add numbers from 1 to 20 using flash cards.

References

Djuariah, T., Noor, A. H., & Westhisi, S. M. (2022). Implementasi pembelajaran konsep bilangan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok b melalui ber-main jenga angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 357-366. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10971

Guslinda, & Kurnia, R., (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, (2015). Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan; Perdana Publishing.

Pahenra, P. (2020). Optimalisasi guru dalam membuat media pembelajaran untuk mestimulasi kemampuan kognitif anak usia dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67-74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16

Sari, I. P., Riswandi, R., & Surahman, M. (2018). Pengaruh penggunaan media pembela-jaran flash card terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4). https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Penggunaan-Media-Pembelajaran-Flash-Card-Sari-Riswandi/2819ab30db5fdef62ac3381b688390e8f92e861a

Safira, A.R., (2020). Media pembelajaran anak usia dini. Gresik: Caremedia Communication.ss

Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung: Pustaka Sebelas

Sudaryono. (2018). Metodologi penelitian. Depok: PT Rajarafindo Persada.

Sugiyono, (2016). Metode penelitian kombinasi. Bandung, Alfabeta.

Surur, L. (2016). Kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun (Studi Kasus di Lem-baga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). (Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/

Syarif, M. A. (2019). Hubungan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Seroja Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupat-en Cirebon. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muham-madiyah Cirebon, 6(2), 64-74. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1356

Published

2025-04-30