Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26494Keywords:
Discipline, Habituation Method, Early ChildhoodAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sikap disiplin anak usia dini. Karena disiplin merupakan suatu hal yang mendasar yang harus diberikan kepada anak sejak usia dini, guna untuk menamamkan perilaku disiplin yang baik dijenjang berikutnya. Pengembangan sikap disiplin ini dilakukan dengan cara menanamkan metode pembiasaan pada kehidupan sehari-hari sehingga anak akan selalu mengingat kebisaaan yang sudah diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan disiplin anak usia dini melalui penerapan metode pembiasaan. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu anak usia dini kelompok belajar B, yang berjumlah 17 anak. Untuk mendapatkan data, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara kepada guru dan observasi kepada anak-anak serta dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan. Setelah data terkumpul, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang dilakukan dengan cara reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Berikut ini adalah hasil yang sudah didapatkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dimana dalam implementasi metode pembisaan untuk mengembangkan sikap disiplin guru sudah mampu menanamkan 5 indikator yang sudah ditentukan dan anakpun mampu mengikuti pembisaan disiplin yang sudah ditentukan oleh guru. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dalam mengembangkan sikap disiplin cukup efektif digunakan untuk melatih perilaku disiplin anak usia dini.
This study was conducted to develop early childhood discipline. Discipline is a fundamental thing that must be given to children from an early age to instill good disciplined behavior at the next level. The development of this discipline is done by instilling a method of habit in everyday life so that children will always remember the habits taught by the teacher. The purpose of this study is to develop early childhood discipline through the application of the habit method. The research method used is a qualitative descriptive method with research subjects, namely early childhood learning group B, totaling 17 children. To obtain data, data collection techniques are carried out by interviewing teachers and observing children and documentation as evidence of the implementation of the research carried out. After the data is collected, the data analysis technique in this study uses descriptive analysis, which is carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The following are the results that have been obtained based on the research that has been carried out where, in the implementation of the habit method to develop a disciplined attitude, teachers have been able to instill 5 predetermined indicators, and children can follow the discipline habits that have been determined by the teacher. So it can be concluded that the habituation method in developing a disciplined attitude is quite effective for training disciplined behavior in early childhood.
References
Boja, K., & Kendal, K. (2014). Strategi pembelajaran disiplin pada anak TK di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1), 22–29. 10.15294/BELIA.V3I1.3417
SHOFI, M. (2023). Implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/22848/
Efirlin, M. (2014). Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Primanda Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12).1-10. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8078
Hadi, E., & Utami, N. (2021). MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI RA AL IMAN KOTA BAUBAU. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 117-121.
Hanifah, M., & Alam, S. K. (2019). Pengaruh kemampuan berpikir logis matematis pada anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran lotto di Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 302-308. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p302-308
La Jaga, R., & Arifin, A. A. (2019). Peningkatan perilaku disiplin anak melalui metode pembiasaan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil kelompok B1 usia 5-6 tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 93–104. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5317
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8853
Mustofa, A. (2019). Metode keteladanan perspektif pendidikan islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71
Novita, W. (2015). Pelaksanaan penanaman kedisiplinan pada anak di taman kanak-kanak di Adhyaksa XXVI Padang. PG PAUD Un Padang, https://www.neliti.com/publications/159367/pelaksanaan-penanaman-disiplin-pada-anak-di-taman-kanak-kanak-adhyaksa-xxvi-pada
Septiani, L. V. (2017). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Bakti II Arrusydah Kedamaian Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/789/
Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=7u1NEAAAQBAJ&lpg=PA3&ots=e1-PrBs56s&dq=Sobri Muhammad%2C Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar (Guepedia%2C 2020)&lr&hl=id&pg=PA3#v=onepage&q=Sobri Muhammad, Kontribusi Kemandirian Dan Kedisipli
Ulinuha, P. (2021). Strategi Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ayo Kita Shalat me-lalui Metode Pembiasaan pada Siswa di SDIT Al Islamiyah: learning out-comes. Jurnal Studi Inovasi, 1(4), 10-22. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i4.57