Paciwit Ciwit Lutung: Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26496Keywords:
Social Skills, Early Childhood, Paciwit Ciwit Lutung GameAbstract
References
Agustina, E. A., Agatha, S. N. S., & Widiyaningrum, N. (2022). Mengembangkan Motorik Kasar Aud Dengan Bermain Permainan Tradisional. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92-97. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.583
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Aulina, C. N. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 14-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3474
Dwi, N. A., & Inmas, T. H. (2014). Permainan Tradisional Ular-Ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 137–146.
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Kusuma, A. P., & Abdullah, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal CARE, 8(2), 58–68. https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290.
Perdani, P. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7 Edisi 2. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 157–186.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Rozkiyah, S (2019). Meningkatkan keterampilan sosial dalam perkembangan sosial dalam permainan paciwit ciwit lutung. Jurnal PAUD Ceria. Volume 08, nomor 3.
Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Model Outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/download/3939/2034
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 1–12.
Sadyah, S., & Rakhman, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Permainan Balok Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 281-287. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p
Saleh, R., Susanti, S. M., & Sartina. (2022). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6015–6022. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p049
Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496.