Paciwit Ciwit Lutung: Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26496Keywords:
Social Skills, Early Childhood, Paciwit Ciwit Lutung GameAbstract
Keterampilan sosial anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial, dengan cara-cara khusus yang dapat diterima dan menghindari perilaku yang akan ditolak oleh lingkungan, salah satu faktor anak usia dini lebih menyukai permainan di dalam gadget karena dianggap canggih dan menarik untuk dimainkan. Hal ini menjadi pengaruh punahnya permainan tradisional yang ada di Indonesia, salah satunya permainan tradisional paciwit ciwit lutung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional paciwit ciwit lutung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak enam anak yang terdiri dari tiga anak perempuan dan tiga anak laki-laki kelompok B usia 5-6 Tahun. Pengumpulan data yang dilaksanakan yaitu melalui observasi dan wawancara yang dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan perkembangan sosial anak yang dilihat dari indikator membangun kerjasama, menghargai orang lain, mentaati peraturan, berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terlihat dari pertemuan pertama, anak belum berkembang dari indikator yang telah dibuat namun mengalami perkembangan yang signifikan pada pertemuan terakhir yaitu pertemuan enam bahwa anak berkembang sangat baik dengan stimulus yang telah diberikan. Early childhood social skills are the ability of children to socialize or interact with others in a social context in specific ways that are acceptable and avoid behavior that will be rejected by the environment. One of the factors that early childhood prefers is games on gadgets because they are considered sophisticated and interesting to play. This is the influence of the extinction of traditional games in Indonesia, one of which is the traditional game of paciwit ciwit lutung. The purpose of this study was to improve the social skills of early childhood through the traditional game of paciwit ciwit lutung. The research method used in this study was descriptive qualitative, with six children as research subjects, consisting of three girls and three boys in group B aged 5-6 years. Data collection was carried out through observation and interviews, which were analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study showed an increase in children's social development as seen from indicators of building cooperation, respecting others, obeying regulations, and developing as expected. This can be seen from the first meeting; the child had not developed from the indicators that had been made but experienced significant development at the last meeting, namely the sixth meeting, where the child developed very well with the stimulus that had been given.References
Agustina, E. A., Agatha, S. N. S., & Widiyaningrum, N. (2022). Mengembangkan Motorik Kasar Aud Dengan Bermain Permainan Tradisional. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92-97. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.583
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Aulina, C. N. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 14-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3474
Dwi, N. A., & Inmas, T. H. (2014). Permainan Tradisional Ular-Ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 137–146.
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Kusuma, A. P., & Abdullah, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal CARE, 8(2), 58–68. https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290.
Perdani, P. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7 Edisi 2. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 157–186.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Rozkiyah, S (2019). Meningkatkan keterampilan sosial dalam perkembangan sosial dalam permainan paciwit ciwit lutung. Jurnal PAUD Ceria. Volume 08, nomor 3.
Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Model Outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/download/3939/2034
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 1–12.
Sadyah, S., & Rakhman, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Permainan Balok Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 281-287. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p
Saleh, R., Susanti, S. M., & Sartina. (2022). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6015–6022. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p049
Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496.