Pengaruh Kegiatan Public Speaking Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i2.26756

Keywords:

Children, Role Play, Public Speaking, Show and Tell

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai oleh setiap anak. Namun, masih banyak anak yang belum dapat berbicara dengan baik. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam memfasilitasi pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan public speaking terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK ABA Boronguntia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari 20 anak usia 5-6 tahun, dengan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah 10 anak pada kelas eksperimen dan 10 anak pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan public speaking yang dilakukan dengan metode bermain peran (role play) dan show and tell berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak. Hal ini terbukti dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.004 pada kelas eksperimen.

Speaking ability is an important skill to be mastered by every child. However, there are still many children who cannot speak well. Therefore, Early Childhood Education (PAUD) has a very important role in facilitating children's learning. This study aims to determine the effect of public speaking activities on improving the speaking ability of children aged 5-6 years at ABA Boronguntia Kindergarten. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental research design. The study population consisted of 20 children aged 5-6 years, with a saturated sampling technique. Hence, the samples used were 10 children in the experimental class and 10 children in the control class. Data collection techniques were carried out through observation, testing, and documentation. The data obtained were analyzed using descriptive and non-parametric statistical analysis. The results of the study showed that public speaking activities carried out using the role-play and show-and-tell methods had a significant effect on improving children's speaking ability. This is evidenced by the Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.004 value in the experimental class.

References

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bercerita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4831

Apriyanto, S., & Syakur, A. (2022). Show and Tell Method and Its Application in Improving Speaking Skills. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 366–375. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1363

Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan, 6(3).

Budiarti, E., & Fitriani. (2024). Implementasi Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 142–154.

Delima, S., Hasibuan, H., & Wahyuni, S. (2022). Penerapan Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatka Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sepakat Aceh Tenggara TA 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Fahmi, F., & Ningsih, R. W. (2020). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230

Ferliana, J., & Agustina. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Aktif Pada Anak Usia Dini. In Jakarta: Luxima Metro Media.

Gustimarni. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di TK 001 Permataku Merangin Kabupaten Kampar. Jurnal Educhild, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.9

Hidayat, O. (2018). Pengaruh Model Active Learning Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicara. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 130–140.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar Bagi Anak Usia Dini dan Pra Sekolah. In Bogor: Penerbit Ghalia Indah Indonesia.

Lestari, D. K., Aisyah, N. L., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Budaya.

Melinda, J. S. . (2017). Peningkatan Kemampuan Ber-bicara Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi diKelas 1 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampi-lan Berbicara pada Anak- Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 27–32. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Nuryati, & Rangganis. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.939

Oktaviani, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117–122.

Permadi, H., Prasetyo, S., Haq, B. I., Darmayanti, C., Amelia, C., Aminarti, D., Fauzi, I., Nuryana, K., & Fikri, M. (2025). Pelatihan dan Praktek Teknik Penyampaian Public Speaking secara Efektif di SMK BIT Bina Aulia Bojong Kulur Kab. Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(1), 35–41.

Planetspark. (2021). Public Speaking For Kids. https://www.planetspark.in/

Rais, R. A., Amal, A., & Herlina. (2023). Pengaruh public speaking terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di paud rezky syafaat. Repository Uji Universitas Negeri Makassar.

Rakhmaniar, A., Sonjaya, R., Deni, M., & Damayanti, R. A. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Umum Melalui Pelatihan Public Speaking pada SMA Pasundan 1 Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 132–139. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Rizqi, H., & Sumitro, E. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(4), 65–71.

Soraya, M. G. A., Jawa, M. Y. L., & Silaban, D. I. (2025). Peningkatan Keterampilan Public Speaking Dan Presentasi Siswa/i SDI 1 Loang, Kec. Nagawutun Kab. Lembata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(2), 3229–3235.

Sulistiyarini, F. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Public Speaking dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini di PAUD Qomariyah, Sobokerto, Ngemplak, Boyolali. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Syamsiyati, R. N., Utami, T., Shofa, M. F., & Tanfidiyah, N. (2019). Konsep Dasar PAUD. In CV Gerbang Media Aksara.

Syazali, M., Olivia, N., & Sobri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Siswa Melalui Penerapan Metode Show and Tell. El-Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keagamaan, 16(1), 70–82.

Trisilaningsih, Y., Priyanti, N., & Rahayu, W. (2025). Penerapan media ritatoon dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Bermasyarakat, 5(2), 173–178.

Uzer, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show and Tell Siswa Sd Negeri 97 Palembang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 78–89. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6799

Zulviana, D., & Wathon, A. (2020). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Ba-hasa Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen.

Published

2025-04-30