Strategi Manajerial Kepala Sekolah dalam Kemitraan dengan Orang Tua untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Risnajayanti Risnajayanti Universitas Muhammadiyah Kendari, Kota Kendari
  • nurlina nur Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i3.26876

Keywords:

Managerial Strategy, Principal, Parents, Early Childhood Education

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini membutuhkan kemitraan yang kuat antara kepala sekolah dan orang tua untuk mendukung pembelajaran anak secara optimal. Kemitraan ini menuntut strategi manajerial efektif guna membangun komunikasi dan hubungan produktif. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajerial kepala sekolah dalam membangun hubungan dengan orang tua, mengevaluasi efektivitas komunikasi, serta menganalisis dampak kemitraan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review, yang berfokus pada strategi manajerial kepala sekolah dalam membangun kemitraan dengan orang tua. Data dikumpulkan melalui pencarian di Google Scholar yang mencakup berbagai publikasi ilmiah terkait peran kepala sekolah dalam kemitraan dengan orang tua. Dari 25 artikel yang ditemukan, 14 dipilih sebagai fokus utama penelitian ini. Data dianalisis menggunakan thematic analysis untuk mengidentifikasi tema-tema utama, seperti efektivitas komunikasi, pelibatan orang tua dalam program sekolah, dan strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan kepala sekolah dan orang tua berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini, memperkuat sinergi antara rumah dan sekolah, serta mendukung perkembangan anak secara holistik. Temuan ini menyoroti peran kepemimpinan dalam membangun kemitraan yang efektif. Penelitian ini menekankan pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun hubungan yang berkelanjutan dan harmonis dengan orang tua.

 

Early childhood education requires a strong partnership between the principal and parents to support optimal child learning. This partnership requires effective managerial strategies to build productive communication and relationships. This article aims to identify the principal's managerial strategy in building relationships with parents, evaluate the effectiveness of communication, and analyze the impact of partnerships on early childhood education. This study uses the systematic literature review method, which focuses on the principal's managerial strategies in building partnerships with parents. Data were collected through a search on Google Scholar, which includes various scientific publications related to the role of the principal in partnerships with parents. Of the 25 articles found, 14 were selected as the main focus of this study. Data were analyzed using thematic analysis to identify key themes, such as communication effectiveness, parental involvement in school programs, and principal strategies for overcoming obstacles. The results of the study indicate that the partnership between the principal and parents plays a significant role in improving the quality of early childhood education, strengthening synergy between home and school, and supporting holistic child development. These findings highlight the role of leadership in building effective partnerships. This study emphasizes the importance of principal leadership in building sustainable and harmonious relationships with parents.

References

Amalia, F., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak: Membangun Kolaborasi Efektif dengan Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2217–2227. https://doi.org/https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.593

Asiyani, G., Afandi, N. K., & Asiah, S. N. (2023). Perencanaan Komunikasi Kemitraan Untuk Mendukung Pelaksanaan Awal Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 37–46. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1973

Ayub, S., Taufik, M., & Fuadi, H. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2303–2318. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.142

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Farida, N., & Mulyani, P. (2023). Studi Keefektifan Program Kemitraan Orang Tua di Lembaga PAUD Kabupaten Wonosobo. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 113–122. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.10990

Fuaddiana, A. D., & Hibana. (2024). Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran Partisipatif di TK Kusuma 1 Kab. Sleman. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(02), 113–126. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v7i02.2051

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12, 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Jamilah, J. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat). Simulacra, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.6045

Kamaludin, K. (2023). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249–258. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Kartika, K., Arifin, I., Pramono, P., & Suyitno, S. (2022). Keefektivan Komunikasi untuk Menjalin Hubungan Antara Pendidik dengan Orangtua Siswa dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7446–7455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3395

Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Marzuki, K., & Syamsuardi. (2018). Penyelenggaraan Parenting Ducation dalam Mengembangkan Kemitraan Orang Tua dengan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 43–47. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/issue/view/822

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660

Nurohman, D. A. (2024). Membangun Citra Sekolah: Strategi Promosi dan Layanan Berkualitas. PT Indonesia Delapan Kreasi.

Persada, N. M., Pramono, S. E., & Murwatiningsih. (2017). Pelibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak di SD Sains Islam Al Farabi Sumber Cirebon. Educational Management, 6(2), 100–108. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22774/10742

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Qomariyah, S., Putra, D. A., & Setiawan, F. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 472–488. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Rihatno, T., Yufiarti, & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua pada Pendidikan Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–129. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.111.08

Robingatin, & Khadijah. (2019). Kemitraan Orang Tua dan Masyarakat dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. AL ATHFAAL:Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, 2(1), 35–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4621

Rusuli, I., & Damayanti, S. (2023). Pelibatan Keluarga dalam Program Sekolah untuk Menanamkan Kedisplinan Anak Usia Dini. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 1(01), 16–30. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol101.2023.16-30

Sjamsir, H., & Gunarto, B. H. (2017). Implementasi Strategi 7 PS (Marketing Mix) Dalam Membangun Kemitraan Menuju Lembaga Mandiri Di Pendidikan Anak Usia Dini. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 165–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um025v1i22017p165

Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., Haryono, P., Muthi, I., & Zubaidi, M. (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 406–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3827

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Partisipasi Orangtua Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9772

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Basidu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8256

Wafa, R. N., & Muthi, I. (2024). Pengaruh Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 244–250. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3998

Wahyuni, S. (2024). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di PAUD Ariya Kabupaten Kaur. Jurnal Manajer Pendidikan, 18(1), 79–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v18i1.35263

Wang, J., Ortiz, T., Navarro, D., Maier, R., Wang, S., Wang, L., & Wang, L. (2016). An empirical study of early childhood support through partnership building. Evaluation and Program Planning, 59, 74–80. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2016.08.007

Wildmon, M. E., V, K., Anthony, & Kamau, Z. J. (2024). Identifying and Navigating the Barriers of Parental Involvement in Early Childhood Education. CIA: Current Issues in Education, 25(1), 1–24. https://doi.org/10.14507/cie.vol25iss1.2146

Wiyani, N. A. (2019). Strategi Kemitraan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Melalui Kegiatan Parenting Bagi Wali Murid Di Lembaga PAUD Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5408

Yulina, A. R., & Suyanto, T. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SDN 1 Balegondo Magetan. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(2), 640–655. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n02.p%25p

Published

2025-05-03