Pengaruh Media Audio Visual Animasi Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia 5-6 Tahun dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i3.27123Keywords:
Early Childhood, Empathy, Indepent Curicculum, Nussa And Rara Audiovisual MediaAbstract
Empati memiliki peranan yang krusial dalam mendukung perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yang berperan dalam membentuk karakter peduli terhadap sesama. Namun, tidak semua anak bisa mengembangkan empati secara optimal, sehingga dibutuhkan strategi pengajaran yang efektif. Terdapat pendekatan yang efektif, salah satunya yaitu penggunaan media audio visual yang menarik dan mudah dimengerti anak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh animasi Nussa dan Rara terhadap empati anak usia 5-6 tahun dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan One Group Time Series Design, serta melibatkan 20 anak di TK Wahyu sebagai subjek. Data diperoleh melalui observasi menggunakan skala empati anak usia dini, yang mencakup kemampuan mengenali perasaan orang lain, menunjukkan kepedulian, serta sikap toleransi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji Friedman dan Wilcoxon utuk mengetahui signifikansi perubahan empati. Hasil uji Friedman menunjukkan adanya pengaruh signifikansi (χ² = 92.504; df = 5; p = 0.000), sedangkan uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest 2 dengan posttest 2 dan posttest 3 (Z = -4.093; p = 0.000). Dengan demikian, animasi Nussa dan Rara efektif sebagai media pembelajaran dalam menanamkan empati sejak usia dini. Empathy plays a crucial role in supporting social-emotional development in early childhood, contributing significantly to the formation of caring attitudes toward others. However, not all children develop empathy optimally, highlighting the need for effective teaching strategies. One promising approach is the use of engaging and child-friendly audiovisual media. This study aims to examine the effect of the Nussa and Rara animated series on the empathy of children aged 5–6 years within the context of the Merdeka Curriculum. The research employed a quasi-experimental method with a one-group time series design, involving 20 children from Wahyu Kindergarten as participants. Data were collected through observations using an early childhood empathy scale, which assessed the ability to recognize others’ feelings, demonstrate concern, and exhibit tolerance. The data were analyzed using the Friedman and Wilcoxon tests to determine the significance of changes in empathy levels. The Friedman test revealed a significant effect (χ² = 92.504; df = 5; p = 0.000), while the Wilcoxon test showed significant differences between pretest 2 and posttests 2 and 3 (Z = -4.093; p = 0.000). These findings suggest that the Nussa and Rara animation is effective as an educational medium for fostering empathy in early childhood.References
Ainy. (2023). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Sikap Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 12(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/index
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460
Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
Fitriyah, F. K. (2019). Pengaruh perilaku agresif pada anak usia dini terhadap kecemasan dan empati. Education And Human Development Journal (EHDJ), 4(1), 96–102. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5338
Irma, M. C. H. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.730
Jayanti, A. D. (2017). Penerapan Metode Sosiodrama untuk Peningkatan Perilaku Empati Anak Usia Dini di TK ABA 27 Semarang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/30416/1/1601413118.pdf
Kemdikbud, I. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50. https://repositori.kemdikbud.go.id/24917/
Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 86–104. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p86-104.320
Masnah, M., & Priyanti, N. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Empati Anak dengan MEenggunakan Film Animasi Nussa pada Kelompok B diTK Al-Ishlah Kota Bekasi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1067–1072. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19650
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Parwoto, P., Ilyas, S. N., & Salwiah, S. P. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Deepublish Digital.
Prasetya, S. P. (2020). Media Pembelajaran Geografi. Penerbit Ombak.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish. https://repository.deepublish.com/publications/593264/metode-riset-penelitian-kuantitatif-penelitian-di-bidang-manajemen-teknik-pendid
Sari, L. P., & Yaswinda. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa Terhadap Empati Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 83–97. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.797
Sujono. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 25–42. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.538
Wildeboer, A. (2017). Nice traits or nasty states: dispositional and situational correlates of prosocial and antisocial behavior in childhood. (Tesis). Netherlands: Universiteit Leiden. https://doi.org/https://hdl.handle.net/1887/45528