Pengaruh Media Audio Visual Animasi Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia 5-6 Tahun dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i3.27123Keywords:
Early Childhood, Empathy, Indepent Curicculum, Nussa And Rara Audiovisual MediaAbstract
References
Ainy. (2023). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Sikap Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 12(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/index
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460
Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
Fitriyah, F. K. (2019). Pengaruh perilaku agresif pada anak usia dini terhadap kecemasan dan empati. Education And Human Development Journal (EHDJ), 4(1), 96–102. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5338
Irma, M. C. H. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.730
Jayanti, A. D. (2017). Penerapan Metode Sosiodrama untuk Peningkatan Perilaku Empati Anak Usia Dini di TK ABA 27 Semarang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/30416/1/1601413118.pdf
Kemdikbud, I. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50. https://repositori.kemdikbud.go.id/24917/
Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 86–104. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p86-104.320
Masnah, M., & Priyanti, N. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Empati Anak dengan MEenggunakan Film Animasi Nussa pada Kelompok B diTK Al-Ishlah Kota Bekasi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1067–1072. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19650
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Parwoto, P., Ilyas, S. N., & Salwiah, S. P. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Deepublish Digital.
Prasetya, S. P. (2020). Media Pembelajaran Geografi. Penerbit Ombak.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish. https://repository.deepublish.com/publications/593264/metode-riset-penelitian-kuantitatif-penelitian-di-bidang-manajemen-teknik-pendid
Sari, L. P., & Yaswinda. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa Terhadap Empati Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 83–97. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.797
Sujono. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 25–42. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.538
Wildeboer, A. (2017). Nice traits or nasty states: dispositional and situational correlates of prosocial and antisocial behavior in childhood. (Tesis). Netherlands: Universiteit Leiden. https://doi.org/https://hdl.handle.net/1887/45528