Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i4.27239Keywords:
Fine Motoric Skills, Coloring ActivitiesAbstract
References
Andry, V. M. M. (2021). Kajian literatur pengembangan koordinasi mata dan tangan anak usia taman kanak-kanak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 110-117. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1440
Deta, N. R., Yasin, D. D. F., & Lasri, L. (2021). Hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik halus pada anak di TK Negeri Pembina Kota Batu (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi). https://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/443
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mariati, M., & Puteri, I. A. W. (2016). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak kelompok B Di TK Ar-Rahma Muara Badak pada Ta-hun Ajaran 2015/2016. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 19-32. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.174
MUNIR, F. [2022]. Pengembangan motorik halus anak dengan mewarnai gambar di Ta-man Kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. [Skripsi, Universitas Negeri Makassar. 2022] https://eprints.unm.ac.id/25870/
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1481
Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan morfologi (verba) pada anak usia 3, 4 dan 5 tahun (sua-tu kajian neuro psikolinguistik). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13-30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89
Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, pola pengasuhan, dan peran serta keluarga pemulung tentang pendidikan anak usia dini (Studi Deskriptif pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Ban-dung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89
Putri. (2022). Gangguan mootorik halus pada anak yang perlu bunda kenali. [2022, No-vember 9]. Klikdokter.com. Retrieved Juli 31, 2023, From https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/gangguan-motorik-halus-pada-anak-yang-perlu-bunda-kenali
POPMAMA.com, (2022) 5 Kegiatan yang bisa meningkatkan koordinasi mata dan tan-gan balita diusia inilah waktu yang tepat untuk melatih perkembangan anak balita. [2022, Juni 5]. POPMAMA.Com. Retrieved Juli 11, 2023, From https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/kegiatan-ini-meningkatkan-koordinasi-mata-dan-tangan-anak-balita
Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan model ATIK pada kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725-1736. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022
SAFAREHA, N. (2021). Eksperimentasi layanan bimbingan belajar menggunakan metode mewarnai dan menggambar dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/13650/
School of Parenting.id, (2021) Bagaimana Cara Menstimulasi Kemampuan Memegang Pensil dan Menulis Anak, aku dan anakku 0-5 tahun, [2021, Juni 27]. School of Par-enting.id, Retrieved Juli 11, 2023, from https://schoolofparenting.id/bagaimana-cara-menstimulasi-kemampuan-memegang-pensil-dan-menulis-anak/
Sri, A. W. (2018). Upaya meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting di TK Aisyiyah Slahung (Doctoral dissertation, Uni-versitas Muhammadiyah Ponorogo). https://eprints.umpo.ac.id/4531/
Sunardi, O. (2017). Pengaruh menggambar dekoratif terhadap kemampuan motorik ha-lus anak pada PAUD Mutiara Insani Kecamatan Langkapura Bandar Lam-pung (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/513/
Tyasari, N. A., & Ashshidiqi, A. (2020). Penerapan kegiatan origami dalam mengem-bangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 39-42. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1081
Yayasansayapibu.or.id, (2021). Beragam manfaat kegiatan mewarnai untuk anak, [2021, Maret 31]. Yayasansayapibu.or.id, Retrieved Juli 24, 2023 From https://yayasansayapibu.or.id/artikel/beragam-manfaat-kegiatan-mewarnai-untuk-anak/