Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai

Authors

  • Zeyini Ratu Raka Taman Kanak-kanak (TK) Tridaya, Cimahi
  • Lenny Nuraeni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i4.27239

Keywords:

Fine Motoric Skills, Coloring Activities

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi, yaitu kemampuan motorik halus anak yang harus distimulasi, terlihat dari kemampuan anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik & tepat dan belum bisa mengkoordinasikan mata & tangannya dengan baik. Oleh karena itu diperlukan tindakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, maka peneliti menggunakan kegiatan mewarnai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Tridaya melalui kegiatan mewarnai. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung. Analisis data yang menggunakan data kuantitatif yang dianalisis dengan cara kuantitatif sederhana, yaitu dengan menghitung persentase dan membuat grafik, dengan subjek penelitian terdiri dari 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian,kegiatan mewarnai dapat meningkatkan motorik halus anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan capaian pada indikator memegang pensil dengan baik dan tepat sebanyak 90% Berkembang Sangat Baik dan 10% Berkembang Sesuai Harapan. Pada indikator mengkoordinasikan mata dan otot tangan, sebanyak 85% berkembang sangat baik dan 15% berkembang sesuai harapan.   This research is motivated by the problem that occurs, namely, the fine motor skills of children that must be stimulated, as seen from the inability of children who are not yet able to hold a pencil well & correctly and cannot coordinate their eyes & hands well. Therefore, action is needed to improve fine motor skills, so researchers use coloring activities. This study aims to enhance the fine motor skills of children in Group A at Tridaya Kindergarten through the use of coloring activities. This research method uses the Classroom Action Research model of Kemmis and McTaggart. Data collection techniques use direct observation. Data analysis uses quantitative data that is analyzed in a simple quantitative way, namely by calculating percentages and making graphs, with research subjects consisting of 20 children. Based on the results of the study, coloring activities can improve children's fine motor skills. This can be seen from the results of increased achievement in the indicator of holding a pencil well and correctly, with as much as 90% Developing Very Well and 10% Developing According to Expectations. In the indicator of coordinating the eyes and hand muscles, as many as 85% developed very well, and 15% developed as expected.

References

Andry, V. M. M. (2021). Kajian literatur pengembangan koordinasi mata dan tangan anak usia taman kanak-kanak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 110-117. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1440

Deta, N. R., Yasin, D. D. F., & Lasri, L. (2021). Hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik halus pada anak di TK Negeri Pembina Kota Batu (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi). https://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/443

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mariati, M., & Puteri, I. A. W. (2016). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak kelompok B Di TK Ar-Rahma Muara Badak pada Ta-hun Ajaran 2015/2016. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 19-32. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.174

MUNIR, F. [2022]. Pengembangan motorik halus anak dengan mewarnai gambar di Ta-man Kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. [Skripsi, Universitas Negeri Makassar. 2022] https://eprints.unm.ac.id/25870/

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1481

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan morfologi (verba) pada anak usia 3, 4 dan 5 tahun (sua-tu kajian neuro psikolinguistik). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13-30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89

Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, pola pengasuhan, dan peran serta keluarga pemulung tentang pendidikan anak usia dini (Studi Deskriptif pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Ban-dung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89

Putri. (2022). Gangguan mootorik halus pada anak yang perlu bunda kenali. [2022, No-vember 9]. Klikdokter.com. Retrieved Juli 31, 2023, From https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/gangguan-motorik-halus-pada-anak-yang-perlu-bunda-kenali

POPMAMA.com, (2022) 5 Kegiatan yang bisa meningkatkan koordinasi mata dan tan-gan balita diusia inilah waktu yang tepat untuk melatih perkembangan anak balita. [2022, Juni 5]. POPMAMA.Com. Retrieved Juli 11, 2023, From https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/kegiatan-ini-meningkatkan-koordinasi-mata-dan-tangan-anak-balita

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan model ATIK pada kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725-1736. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022

SAFAREHA, N. (2021). Eksperimentasi layanan bimbingan belajar menggunakan metode mewarnai dan menggambar dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/13650/

School of Parenting.id, (2021) Bagaimana Cara Menstimulasi Kemampuan Memegang Pensil dan Menulis Anak, aku dan anakku 0-5 tahun, [2021, Juni 27]. School of Par-enting.id, Retrieved Juli 11, 2023, from https://schoolofparenting.id/bagaimana-cara-menstimulasi-kemampuan-memegang-pensil-dan-menulis-anak/

Sri, A. W. (2018). Upaya meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting di TK Aisyiyah Slahung (Doctoral dissertation, Uni-versitas Muhammadiyah Ponorogo). https://eprints.umpo.ac.id/4531/

Sunardi, O. (2017). Pengaruh menggambar dekoratif terhadap kemampuan motorik ha-lus anak pada PAUD Mutiara Insani Kecamatan Langkapura Bandar Lam-pung (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/513/

Tyasari, N. A., & Ashshidiqi, A. (2020). Penerapan kegiatan origami dalam mengem-bangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 39-42. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1081

Yayasansayapibu.or.id, (2021). Beragam manfaat kegiatan mewarnai untuk anak, [2021, Maret 31]. Yayasansayapibu.or.id, Retrieved Juli 24, 2023 From https://yayasansayapibu.or.id/artikel/beragam-manfaat-kegiatan-mewarnai-untuk-anak/

Published

2025-07-24