Penerapan Metode Bermain Balok Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Umi Nur Chanifah Taman Kanak-kanak (TK) Little Smart, Kota Bandung
  • Sharina Munggaraning Westhisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi https://orcid.org/0000-0002-8827-9282

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i4.27788

Keywords:

Early Numeracy Skills, Play Method, Number Blocks

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berhitung awal anak kelompok A kurang optimal, selain itu guru juga belum menerapkan pembelajaran yang menyenangkan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung awal  secara menarik dan menyenangkan serta dapat diberikan secara berulang-ulang,  salah satunya dengan melalui metode balok angka. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal pada anak kelompok A. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok A berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal anak selama delapan kali pertemuan. Hasilnya delapan anak menunjukkan Berkembang Sangat Baik, empat anak Berkembang Sesuai Harapan serta tiga anak yang masih mendapat arahan dari guru. Dalam kegiatan tersebut anak sudah dapat memenuhi empat indikator pencapaian perkembangan kemampuan berhitung awal. Hasilnya melalui pemanfaatan media balok angka terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Little Smart Kota Bandung. Selain itu penelitian ini dapat menimbulkan ketertarikan anak untuk berpikir dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

This research is motivated by the fact that the early numeracy skills of Group A children are still suboptimal, and teachers have not yet implemented enjoyable learning methods. Therefore, the researcher conducted a study to improve early numeracy skills through engaging and enjoyable learning activities that can be repeated, one of which is the use of the number block method. The purpose of this study was to enhance early numeracy skills in Group A children. This research used a descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were 15 children from Group A. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The data analysis technique employed qualitative analysis, which included data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. Based on the results, the use of number block media was able to improve children's early numeracy skills over the course of eight meetings. The findings showed that eight children demonstrated very favorable development, four children developed as expected, and three children still required guidance from the teacher. During these activities, the children were able to meet four indicators related to early numeracy skill development. The results indicated that the use of number block media was effective in improving the early numeracy skills of Group A children at Little Smart Kindergarten in Bandung City. In addition, this research helped foster children's interest in thinking and encouraged active participation in learning.

References

Andriyani, M. (2021). Problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia di MI NW Nurul Harmain Narmada tahun pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Mataram). https://etheses.uinmataram.ac.id/2347/

Djuariah, T., Noor, A. H., & Westhisi, S. M. (2022). Implementasi pembelajaran konsep bilangan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok b melalui bermain jenga angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 357-366. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10971

Hidayah, N., & Wijaya, I. P. (2022, July). Bermain dengan Media Balok Angka untuk Perkembangan Kognitif Anak. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pen-didikan dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp. 307-313). https://doi.org/10.29407/y4fjzp05

Lismanda, Y. F. (2016). Kependidikan & Keislaman. Vicratina: JurnaI lmiah, 9(1), 76. http://riset.unisma.ac.id/indek.php/fai/articel/view/730

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2017). Implementasi permainan edukatif berbasis budaya lokal untuk mengenal konsep bilangan pada anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Niyati, M. D., Kurniah, N., & Syam, N. (2016). Meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui permainan tradisional congklak. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 78-83. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.78-83

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42-50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Putri, Y. F., Marlina, L., & Wulandari, Y. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 153-163. 10.19109/ra.v6i2.15503

Siagian, N., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan media pembelajaran jepitan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. CERIA (Cer-das Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 202-209. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p202-209

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N., Syaodih. (2011). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumaliwati, N. P. H. S., Jampel, I. N., Asril, N. M., & Psi, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Tk Wija Kusuma Ii Perean. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5886

Suryadi, M. U. (2013). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syamsuardi, S. (2012). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) di taman kanak-kanak paud polewali kecamatan tanete riattang barat kabupaten bone. Publikasi Pendidi-kan, 2(1), 59-67. https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1586

Westhisi, S. M. (2019). Metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan bahasa inggris anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p29-43.1271

Zaman, B. (2010). Media dan sumber belajar PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2025-08-02