Media Canva: Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini

Authors

  • Lina Roswati Taman Kanak-kanak (TK) Islam Asy-Syifa, Kab. Bandung Barat
  • Ghina Wulansuci Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi https://orcid.org/0009-0002-4905-3165

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i4.28675

Keywords:

Reading and Writing Literacy, Canva

Abstract

Pembelajaran literasi baca tulis penting diterapkan pada anak usia dini untuk mendorong kemampuan berpikir, mempertajam penalaran, memperluas pengetahuan dan pengalaman. Rendahnya kemampuan literasi baca tulis pada anak kelompok usia 4-5 tahun di TK Islam Asy-Syifa disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, media yang digunakan kurang inovatif, pemilihan metode kurang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi baca tulis anak dengan penerapan pembelajaran literasi baca tulis agar anak dapat mengenal berbagai macam lambang huruf melalui pemanfaatan media canva. Subjek penelitian adalah 12 anak berusia 4-5 tahun. Delapan anak laki-laki dan empat anak perempuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuan setiap siklusnya. mengumpulkan data dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi dianalis menggunakan deskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan yang ingin penulis capai dalam penelitian kali ini adalah sebesar 70 %,  menggunakan kriteria belum berkembang (1), mulai berkembang (2), berkembang sesuai harapan (3), berkembang sangat baik (4).  Hasil penelitian menunjukan kemampuan bahasa anak pratindakan sebesar 16%, pada siklus I pertemuan pertama meningkat sebesar 38%, pertemuan ketiga meningkat sebebesar 77 %.   Literacy learning is essential to be implemented in early childhood education to encourage thinking skills, sharpen reasoning, and broaden knowledge and experiences. The low literacy skills of 4–5-year-old children at Asy-Syifa Islamic Kindergarten are due to teacher-centered learning activities, lack of innovative media, and unengaging teaching methods. This study aims to improve children's literacy by implementing literacy-based learning that enables children to recognize various letter symbols using Canva media. The subjects of this study were 12 children, aged 4–5 years, comprising eight boys and four girls. The method used was classroom action research conducted in two cycles, each consisting of three meetings. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed using descriptive quantitative methods. The success indicator targeted in this study was 70%, based on the following criteria: Not Yet Developing (1), Beginning to Develop (2), Developing as Expected (3), and Developing Very Well (4). The results showed that children's language abilities in the pre-action stage were at 16%, increased to 38% in the first meeting of Cycle I, and reached 77% by the third meeting.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Reineka Cipta.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cerminan kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). 226-245. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167

Dwiyogo, W. D. (2014). Analisi kebutuhan pengembangan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning (pbbl) untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(1), 71-78. https://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelaja-ran/article/download/4523/993%21?__cf_chl_tk=7VoY5__gpdAQvxVkmFkrYZyqiw1_MQQBwKaaxjZukv4-1753266139-1.0.1.1-qtvB8dqKXNgTBYieQ00gbCqC1W.wXRv4HHJJUEBKd8k

Fahmi, F.,Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S (2020). Strategi guru mengenalkan konsep dasar literasi di paud sebagai persiapan masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940. https://doi.org/10.31004/obsesi..v5i1.673

Halim, L. L., Marmawi, R., & Fadillah, F. Efektivitas penggunaan media video pembela-jaran terhadap kemampuan bahasa lisan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(9). 1-8. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i9.49323

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Vedio Animasi Berbasis Apalikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394. http://doi.org/10.37676/jmi.v14i.467

Kemendikbudristek, (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 1-72

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal media infotama, 14(1). 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan lit-erasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114. https://doi.org/10.24905/psej.v3i2.1067

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi berbahasa Indonesia usia prasekolah rancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pen-didikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Paramita, E., Hasmalena, S., & Syafar, S. (2017). Pengembangan dongeng berbentuk video animasi untuk ank usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Palembang. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1), 49-58. 10.36706/jtk.v6i1.8350

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi , D. ., & Aryani, R. . (2022). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media audio visual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15995–16000. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4910

Rahmawati, F., & Atmojo, R.I.W. (2020). Analisis media digital vedio pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pembelajaran IPA. Jurnal BASICEDU, 5(3), 6271-6279. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Sahuni, S., Budiningsih, I., & P, L.M. (2020). Interaksi media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab. Akademika, 9(2), 43-52. https://doi.org/10.34005/akademik.v9i02.871

Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 11-20. https://doi.org/10.23917/vandika.v33i1.13200

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Ditjen Dikti Depertemen Pendidikan Nasional

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh permainan puppet fun terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873-882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v462

Published

2025-07-24