Media Canva: Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i4.28675Keywords:
Reading and Writing Literacy, CanvaAbstract
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Reineka Cipta.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cerminan kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). 226-245. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Dwiyogo, W. D. (2014). Analisi kebutuhan pengembangan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning (pbbl) untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(1), 71-78. https://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelaja-ran/article/download/4523/993%21?__cf_chl_tk=7VoY5__gpdAQvxVkmFkrYZyqiw1_MQQBwKaaxjZukv4-1753266139-1.0.1.1-qtvB8dqKXNgTBYieQ00gbCqC1W.wXRv4HHJJUEBKd8k
Fahmi, F.,Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S (2020). Strategi guru mengenalkan konsep dasar literasi di paud sebagai persiapan masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940. https://doi.org/10.31004/obsesi..v5i1.673
Halim, L. L., Marmawi, R., & Fadillah, F. Efektivitas penggunaan media video pembela-jaran terhadap kemampuan bahasa lisan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(9). 1-8. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i9.49323
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Vedio Animasi Berbasis Apalikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394. http://doi.org/10.37676/jmi.v14i.467
Kemendikbudristek, (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 1-72
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal media infotama, 14(1). 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan lit-erasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114. https://doi.org/10.24905/psej.v3i2.1067
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi berbahasa Indonesia usia prasekolah rancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pen-didikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Paramita, E., Hasmalena, S., & Syafar, S. (2017). Pengembangan dongeng berbentuk video animasi untuk ank usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Palembang. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1), 49-58. 10.36706/jtk.v6i1.8350
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi , D. ., & Aryani, R. . (2022). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media audio visual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15995–16000. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4910
Rahmawati, F., & Atmojo, R.I.W. (2020). Analisis media digital vedio pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pembelajaran IPA. Jurnal BASICEDU, 5(3), 6271-6279. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Sahuni, S., Budiningsih, I., & P, L.M. (2020). Interaksi media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab. Akademika, 9(2), 43-52. https://doi.org/10.34005/akademik.v9i02.871
Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 11-20. https://doi.org/10.23917/vandika.v33i1.13200
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Ditjen Dikti Depertemen Pendidikan Nasional
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh permainan puppet fun terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873-882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v462