Peran Permainan Tradisional Sikka dalam Mengembangkan Keterampilan Berhitung Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i5.28680Keywords:
Traditional Games, Numeracy Skills, Early Childhood, Sikka CultureAbstract
References
Aulia, D., & Sudaryanti, S. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565–4574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4056
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197
International Commission on the Futures of Education, & Indonesian National Commission for UNESCO. (2022). MENGIMAJINASIKAN kembali Sebuah Kontrak Masa Depan Kita Sosial Baru bersama untuk pendidikan. In Unesco. http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en
Kholidah, K. A., Widjayatri, R. R. D., & ... (2023). Implementation of Traditional Games With Modifications in Mathematics Learning for Early Childhood. Cartesius: Jurnal …, 6(2), 7–11. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2311%0Ahttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2311/2320
Lisjayanti, M. F., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2022). Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Alat Permainan Tradisional Dakon Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Wawasan Pendidikan, 2(2), 574–581. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10048
ÖNGÖREN, S., & GÜNDOĞDU, S. (2021). Mathematical Skills in Traditional Children’s Games in Early Childhood. Kastamonu Education Journal, 29(5), 1052–1064. https://doi.org/10.24106/kefdergi.735687
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 13 (2014).
PISA. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education,. In OECD Publishing: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Purwanti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak. Jmece, 01(01), 45–54.
Samad, F., Salasa, M., & Ramadali, W. O. R. L. O. (2021). Improving numeracy skill through leng kali leng traditional game in learning early math to young learners. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012031
Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427
Wardani, I. R. W., Putri Zuani, M. I., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92
Wulandari, J. R., & Pujiastuti, H. (2023). Permainan Tradisional Dakon Dalam Kecerdasan Matematika Pada Anak Usia Dini di SD Negeri Ambon. Journal Olahraga Rekat (Rekreasi Masyarakat), 2(1), 66–72. https://doi.org/10.21009/jor.21.66-72
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
Yuliasih, S., & Mayasarokh, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 97–105. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3232