OPTIMALISASI KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KEYAKINAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK BAITURRAHMAN KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Siti Nuraeni IKIP Siliwangi
  • Ai maesaroh IKIP Siliwangi
  • Agus Sumitra IKIP Sliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172

Keywords:

Speaking Skills, Self-Confidence

Abstract

Speaking is one of the language skills in daily life. People often choose to speak to communicate, because communication is more effective if done by speaking because speaking plays an important role in daily life. speaking skills in general can be interpreted as conveying the intentions of ideas, ideas, thoughts or contents of one's heart to others by using spoken language so that it can be understood by others. faced with a feeling of insecurity about many things. Likewise speaking skills are very limited because of fear of being mistaken. This research was conducted by the method of classroom action research to determine children's speaking skills influence the self-confidence of a child. Based on these results the results that optimize children's speaking skills have their own challenges, especially with different characteristics of children. This article was written with the aim of studying the process of children's speaking skills to improve children's self-confidence.

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam kehidupan sehari hari seseorang lebih sering memilih berbicara untuk beromunikasi, karena komunikasi lebih efektif jika dilakukan dengan berbicara karena berbicara memegang peranan penting dalam kehidupan sehari hari. kemampuan berbicara secara umum dapat diartikan suatu penyampain maksud ide, gagasan, pikiran, atau isi hati seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga dapat dipahami oleh orang lain kemampuan berbicara anak sangat berpengaruh terhadap keyakinan diri seorang anak, dalam kehidupan sehari hari setiap manusia akan dihadapkan pada rasa tak percaya diri akan banyak hal. Demikian juga keterampilan bebicara yang sangat terbatas hal ini dikarenakan takut diangap salah. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas untuk mengetahui keterampilan berbicara anak berpengaruh terhadap keyakinan diri seorang anak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh hasil bahwa mengoptimalkan keterampilan berbicara anak memiliki tantangan tersendiri, terlebih dengan karakteristik anak yang berbeda beda. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengkaji proses keterampilan berbicara anak untuk meningkatkan keyakinan diri anak.

References

Aisyah, S. (2008). Pertumbuhan dan Konsep Dasar Pengembangan Siswa Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti, H. P. (2013). Pertumbuhan Siswa Usia Dini 1. Yogyakarta:Deepublish

Jamaris, M. (2003). Pertumbuhan dan Pengembangan Siswa Usia Taman ksiswa-ksiswa. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Lindnfield. G. (1997). Mendidik Siswa Agar Keyakinan Diri. Jakarta: Arcan.

Mulyati, Y. (2009)F. Materi Pokok Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Suyanto, S. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Siswa Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat

Suharsimi, A. (2005). Prosedur Kajian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi A. (2006). Prosedur Kajian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Empowerment, 3(1), 60-70.

Downloads

Additional Files

Published

2019-07-24