UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PERMAINAN TERAPUNG DAN TENGGELAM DENGAN MEDIA TELUT PADA KELOMPOK A

Authors

  • Lia Nurwidaningsih IKIP Siliwangi
  • Ira Hastuti IKIP Siliwangi
  • Rohmalina Rohmalina IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p210-215

Keywords:

Learning sains, early childhood

Abstract

Anak mempunyai keingintahuan yang besar yang harus di permudah oleh orang tua dan guru sehingga anak bisa mempelajari sesuatu tanpa di paksa sejak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi metode pembelajaran sains yang kurang menarik minat anak, monoton, dan selalu menggunakan permainan yang cenderung praktis dan instan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan kemampuan belajar sains melalui permainan terapung dan tenggelam dengan memakai media telur. Metodedari penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian yang di pakai oleh guru dalam kegiatan sains ini telah sesuai dengan tema dan sub tema. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Kartika Siwi yang berjumlah 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains dengan permainan terapung dan tenggelam dengan media telur dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran sains anak usia dini dengan nilai rata-rata pretest 5,5 dan posttest 7,7. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran sains bagi anak usia dini dengan metode permainan yang bervariasi dan berinovasi sehingga dapat menarik minat anak untuk belajar sains.


Children have great curiosity to permudah by parents and teachers so that children could learn something without being in force since an early age. This event will be based on research method of learning science the less interest children, monotonous, and always use games that tend to be practical and instant. The purpose of this research is to seek an increase in the ability of learning science through games and sunk by using medium eggs. Metodedari research is a method of experimentation. Research results are used by the teacher in this science activities were in accordance with the themes and sub themes. The population in this research is A group of KINDERGARTEN Kartika Siwi totalling 18. Based on the results of the research show that learning science with a floating and sink game with medium eggs can improve early childhood science learning with an average rating of 5.5 and pretest posttest 7.7. From the results of this research are recommended to teachers to improve the learning of science for early childhood with games varying methods and innovating so as to attract children to study science.

References

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jalarta: Rineka Cipta.

Hanifiah, N., & Cucu S. (2010). Konsep strategi pembelajaran. Jakarta:Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Rohmalina. (2016). “3R†(Reduce, Reuse, Recyle) “Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAUD dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah di PAUD Siaga Kota Cimahiâ€. Tunas Siliwangi, 2 (2), pp. 43-53.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-08-13