MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI PERMAINAN MENCAMPUR WARNA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK 3-4 TAHUN

Authors

  • Jeni Kristiana Pattisina IKIP Siliwangi
  • Komala Komala IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p220-224

Keywords:

logical thinking ability, color mixing

Abstract

This research is important to develop the ability to think logically groups of 3-4 years. This research develops aspects of early childhood development, namely the ability to think logically. The purpose of this study was to determine the development of the ability to think logically 3-4 years of age through media mixing games. This type of research conducted by researchers is to use Quasi Experimental design with Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. The results of the study showed the results of the SPPSS version 22 test get a sig value of 0.616> 0.05, thus Ha was accepted and Ho was rejected. If Ha is accepted then this shows that learning media mixing colors gives an influence on the development of logical thinking of children aged 3-4 years. Through the method of mixing colors in this study the teachers can not only develop the ability to think logically, but also can be done to develop several other aspects of development in children.

Penelitian ini penting untuk  mengembangan kemampuan berpikir logis kelompok 3-4 tahun. Penelitian ini mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini yaitu  kemampuan berpikir logis. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kemampuan berpikir logis usia 3-4 tahun melalui media permainan mencampur warna. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan Quasi Experimental dengan desain jenis Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil perhitungan uji SPPSS versi 22 tersebut mendapatkan nilai sig 0,616 > 0,05 dengan dengan demikian Ha diterima dan Ho di tolak. Jika Ha diterima maka hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran mencampur warna memberikan pengaruh terhadap perkembangan berpikir logis anak usia 3-4 tahun. Melalui metode pencampuran warna dalam penelitian ini para guru tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis saja tetapi juga dapat dilakukan untuk mengembangkan beberapa aspek-aspek perkembangan lainnya pada anak

 

References

Abu, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Anwar Dessy (2001). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abadi Tama.

Jakni. (2016). Metode Penelitian EksperimenBidang Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-19