PENERAPAN METODE BERMAIN JARI ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B

Authors

  • Sartika Nur Alwy IKIP Siliwangi
  • Iis Jubaedah IKIP Siliwangi
  • Fifiet Dwi Tresna IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p225-229

Keywords:

play, finger numbers, numeracy skills, early childhood.

Abstract

This study uses a quasi-experimental method conducted. This research is based on findings in the field of learning to count for young children who are not quite right, playing with numbers is a new method used to make it easier for children to follow arithmetic, using fingers children tend to be more interested and passionate in learning to count, play this is done very simply starting with introducing fingers, numerical symbols, and fine motor and gross motor activities in early childhood. The purpose of this study is in accordance with the findings in the field that how to learn to count children is less effective, so researchers try to provide a new method that is the method of playing the number fingers to make it easier for the numeric fingers to make it easier for children to learn to play counting. The ability of children in counting after knowing the method of finger playing this number is improved better than before using the method of finger play these numbers can be seen from the results of the study before being given the results obtained 31,7500 while after giving treatment by researchers the results obtained are 32.0625.

Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dilaksanakan di. Penelitian ini didasari oleh temuan di lapangan pada pembelajaran bermain berhitung pada anak usia dini yang kurang tepat, bermain jari angka adalah metode baru yang digunakan untuk memudahkan anak dalam mengikuti berhitung, dengan menggunakan jari anak anak cenderung lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran berhitung, permainan ini dilakukan dengan sangat sederhana dimulai dengan mengenalkan jari tangan, simbol angka, dan kegiatan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah sesuai hasil temuan di lapangan bahwa cara belajar berhitung anak kurang efektif sehingga peneliti mencoba memberikan metode baru yaitu metode bermain jari angka untuk lebih memudahkan jari angka untuk lebih memudahkan anak dalam proses pembelajaran bermain berhitung. Kemampuan anak dalam berhitung setelah mengenal metode bermain jari angka ini menjadi meningkat lebih baik dari sebelum menggunakan metode bermain jari angka tersebut hal ini terlihat dari hasil penelitian sebelum diberikan treatment diperoleh hasil 31.7500 sedangkan setelah pemberian treatment oleh peneliti diperoleh hasil 32.0625.

References

Hendriana, H., Afrilianto, M, M.Pd. Maret (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. PT REFIKA ADITAMA.

Indah, P. (Jurnal of Ratna Puspita Indah, volume 8, 1 september 2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III. [Di akses pada tanggal 29 Maret 2019].

Khadijah, Dr.Hj.M.Ag. Maret (2016). Pengembangan Kognitf Anak Usia Dini. MEDAN:PERDANA PUBLISHING.

Komala, Santana, F.D.T, Hendriana. 2019. Kemampuan Guru Membangun Literasi Etnomatematika Anak di TK Al Hikmah Mujadhidin dan TK Kartika XIX – 3 Cimahi. Jurnal Islamic Early Childhood Education. Vol. 4 No.1 Tahun 2019. 89 – 94. [diunduh tanggal 14 Agustus 2019].

Downloads

Published

2019-08-20