MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Dewiana Permatsari IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Sharina Munggaraning Westhisi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p230-236

Keywords:

Logically thinking ability, Singing method

Abstract

Salah satu aspek perkembangan kognitif yang dapat dikembangkan oleh anak usia dini adalah kemampuan berpikir logis pada anak, untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak, salah satunya adalah melalui metode bernyanyi. Melalui metode bernyanyi, kemampuan berpikir logis anak akan meningkat. Dengan bernyanyi serta melakukan gerakan sesuai lirik lagu yang dinyanyikan, maka anak akan berimajinasi dan kemampuan berpikir logis anak akan meningkat dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian  control group desain dengan menggunakan dua kelas yang terdiri dari B1 kelas eksperimen dan B2 kelas kontrol di RA Multazam. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh adalah bahwa rata-rata nilai gain kelas eksperimen 2,05 sedangkan rata-rata nilai gain kelas kontrol yaitu 0,44 yang artinya bahwa setelah diberikan treatment bernyanyi di kelas eskperimen, kememapuan berpikir logis pada anak meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan treatment. Maka dari itu, penelitian ini direkomendasikan kepada para pendidik anak usia dini, untuk menerapkan metode bernyanyi kepada anak agar perkembangan berpikir logis anak dapat meningkat.

One aspect of cognitive development that can be developed by early childhood is the ability to think logically in children, for that we need a learning method that can improve the ability of logical thinking in children, one of which is through the method of singing. Through singing methods, children's logical thinking ability will increase. By singing and moving according to the song lyrics, the child will imagine and the child's logical thinking ability will improve properly. This research is a quantitative study with a quasi-experimental design involving children in the B age group which is made into two classes, namely the experimental class and the control class. Based on the results of the study, the data obtained is that the average value of the experimental class gain is 2.05 while the average value of the control class gain is 0.44, which means that after being given treatment, namely the method of learning singing in the experimental class, the ability of children to think logically is increased compared to the control class that was not given treatment. Therefore, the method of singing can be used as an alternative learning method to improve the ability to think logically early childhood.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika SD dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Naisbitt, J., Naisbitt, N., & Philips, D., (2002: 116). High Tech High Touch, Pencarian Makna di Tengah Perkembangan Pesat Teknologi, Terjemahan Dian R Basuki, Bandung: Mzam Media Utama.

Putra . (2007: 15). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Suryaningsih. (2015). Pengaruh Metode bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga PAUD Melatill Madiun Tahun Ajaran 2015-2016.21 November 2015.

Sugiyono. (2012: 2). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung CV. Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-20