PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LOTTO DI KELOMPOK B

Authors

  • Masfufah Hanifah IKIPSiliwangi
  • Syah Khalif Alam IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p302-308

Keywords:

Early Childhood, Logical Mathematical Thinking, Lotto Learning Media.

Abstract

This study aims to determine how much influence the ability of logical-mathematical thinking in early childhood. Because children's mathematical abilities have not yet developed optimally, during the learning process it can be seen that the teacher's role is to emphasize more teacher-centered teaching. Cognitive development is one of the branches to develop children's thinking abilities especially in mathematical logical thinking. Color, and shape lotto are learning media that have a function to develop children's concentration and observation power. Therefore, the researchers used a quasi-experimental study that aims to see the effect on learning in the classroom by providing certain treatments in the experimental class while the control class is not given treatment. With the Wilcoxon trial to find out the effect on learning. “Test Statistic†is known to ASMP value. SIG (2-tailed) is 0.001 smaller than <0. 05, it can be concluded that “Hypothesis is acceptedâ€, meaning there are differences between students' learning outcomes to improve the ability of logical-mathematical thinking for pretest and post-test. So, it can be concluded thus “there is an influence in increasing the ability of logical-mathematical thinking in early childhood with lotto learning media in Group B."

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya kemampuan berpikir logis-matematis pada anak usia dini. Karena kemampuan matematika anak belum berkembang secara optimal, pada saat proses pembelajaran maka dapat dilihat bahwa peran guru lebih menekankan pengajaran yang langsung berpusat pada guru. perkembangan kognitif adalah salah satu cabang untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak apalagi dalam berpikir logis matematis. Lotto warna dan bentuk merupakan media pembelajaran yang memiliki fungsi untuk mengembangkan daya konsentrasi dan daya pengamatan anak. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Dengan uji coba Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh terhadap pembelajaran tersebut. “Test Statistic†diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.001 lebih kecil dari <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis-matematis untuk pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan demikian “ada pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis-matematis pada anak usia dini dengan media pembelajaran lotto di Kelompok Bâ€.

References

Emayani, N. W., Suara, I. M., & Ardana, I. K. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Lotto. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4. No. 1, -.

Emayani, N. W., Suara, I. M., & Ardana, I. K. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Lotto. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4. No. 1.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang 65154: PENERBIT GUNUNG SAMUDERA.

Laris, N. P., Suwatra, I. W., & Tirtayani, L. A. (2014). Pemanfaatan Media Lotto Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No 1, -.

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh Media Loto Warna dan Bentuk Terhadap Pemecahan Geometri Anak Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 100.

Qudsyi, H. (2010). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini. BULETIN PSIKOLOGI, VOLUME 18, NO. 2,, 91-111.

Rahimah, & Munafiah, N. (2018). Kecerdasan Logis-Matematis. In Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegence (p. 37). Wonosobo Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-24