UPAYA GURU MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMOSTRASI

Authors

  • Yeni Suhartini TK PELITA, Kota Bandung.
  • Ema Aprianti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p309-315

Keywords:

Social Development, Demonstration Method

Abstract

In general, The research aims to "find out the application of the Demonstration method to improve the Social Development of PAUD children". This research was conducted with the approach used in this study is a qualitative research approach. Sugiyono The data source of this research is the kindergarten student Pelita Bandung. While the sample consisted of 25 children. The research data were collected using instruments in the form of interview guidelines and observation guidelines. The use of Demonstration Method to improve children's Social Development skills in this study was carried out through two observations. The learning conditions of Social Development activities using the Demonstration Method have begun to be conditioned. The child can concentrate on paying attention to the instructions of the guru and wants to practice the Social Development activities directly by using pictures of animals on the planel board. The results obtained through observation show satisfying results. By using the Demonstration Method in Social Development learning, the media used are rabbits and sprouts that are interesting, so the child wants to hold and see and observe the picture. In addition, children are more enthusiastic about learning because teachers demonstrate directly how the media works in Social Development learning activities, and teachers are also given opportunities for children to practice and demonstrate in front of other friends, hopefully children will remember the learning of Social Development continuously this and the more enthusiastic want to try.

Secara umum, penelitian bertujuan untuk “mengetahui penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan Perkembangan Sosial anak PAUDâ€.Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, sampel berjumlah 25 orang anak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Metode demonstrasi digunakan untuk meningkatkan keterampilan aspek perkembangan sosial anak dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melalui dua kali observasi. Kondisi pembelajaran kegiatan perkembangan sosial dengan menggunakan Metode Demonstrasi sudah mulai terkondisikan. Anak sudah bisa berkonsentrasi untuk memperhatikan instruksi dari guru dan mau mempraktekkan langsung kegiatan Perkembangan Sosial dengan menggunakan gambar binatang pada papan planel. Hasil yang diperoleh melalui observasi menunjukkan hasil yang memuaskan. Dengan menggunakan metode demonstrasi di dalam pembelajaran perkembangan sosial, media yang digunakan yang berupa binatang kelinci dan tumbuhan kecambah yang menarik, sehingga anak ingin memegang dan melihat serta mengamati gambar tersebut. Selain itu, anak semakin termotivasi untuk  mengikuti pembelajaran dikarenakan guru memperagakan langsung bagaimana cara pengerjaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran Perkembangan Sosial, dan guru juga kesempatan diberikan pada anak agar mempraktekkan dan mendemonstrasikan di depan teman-teman yang lain, diharapkan anak akan mengingat terus pembelajaran Perkembangan Sosial ini dan semakin termotivasi ingin mencoba.

References

Amstrong dan Kotler, (2005), Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta.

Lewis, C.F. (1984) Teaching archery : steps to success / Kathleen M. Haywood,.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Rineka Cipta

Moleong, L. J. (2004), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja.

Musfiroh, T. (2004). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta. Depdiknas

Purba, A., dkk. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pustaka Bangsa Perss,. Medan

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada AnakUsia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta

Utomo (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Cetakan Ketujuh. Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, F. (1997). Dasar-Dasar Produksi Program Televisi. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2019-08-24