PENERAPAN METODE TATA CARA MENANAM TANAMAN MENTIMUN TERHADAP STIMULASI KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI

Authors

  • Lilis Susilawati IKIP SILIWANGI
  • Heni Nafiqoh IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p316-322

Keywords:

Naturalist Intelligence, Planting of Plants.

Abstract

The background of this research is the result of observation data of 20 children at Preschool who had difficulty in improving naturalist intelligence and lack of practice in conducting learn so they only relied on visual or image media without touching direct experiments with children. The research aimed to overcome this problem, researchers used the method of planting cucumber plants in the hope of increating naturalist intelligence in children can emerge and develop optimaly. This studi use is quasy- experimental . Design by designing a comparison of the control group desain with data collection techniques for pre-test and post-test. Based on the results of the study there is an increase in naturalist intelligence in children  who have a value of the initial test of 75,1 and with the final test 79,85 this it can be concluded that the application of the method of palnting cucumber plants has a good and very effective effect on the development  of naturallis intelligence in children in particular in children at Preschool.

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil data observasi siswa PAUD yang berjumlah 20 anak mengalami kesulitan dalam meningkatkan kecerdasan naturalis dan kurangnya praktek dalam melakukan pembelajaran sehingga hanya mengandalkan media visual atau gambar saja tanpa sentuhan percobaan langsung terhadap anak. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode tata cara menanam tanaman mentimun dengan harapan dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak sehingga kecerdasan naturalis yang ada dalam diri anak bisa muncul dan berkembang dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental dengan merancang perbandingan control group desain dengan teknik pengumpulan data pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kecerdasan naturalis pada anak yang mempunyai nilai dari tes awal sebesar 75,1 dan dengan test akhir 79,85 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tata cara menanam tanaman mentimun berpengaruh baik dan sangat efektif terhadap perkembangan kecerdasan naturalis pada anak khususnya pada anak di PAUD.

References

Gardner, H. 1993: 13-15. Perkembangan Multiple Intelegence Daras Books 2013

Rochmah, L. I. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Mess Play Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pedagogia. 5 (1), pp. 47-56.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susetyo, B. (2010), Statistika

Untuk Analisis Data Penelitian Refika Aditama

Yasbiati., Giyartini, R., & Lutfiana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam di Bambim Al-Abror Kecematan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia. 1(2), pp. 203-21

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-29