PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE STICK ES KRIM ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK

Authors

  • Mimik Kurniawati IKIP Siliwangi
  • Nanin Tresnawaty IKIP Siliwangi
  • Euis Eti rochaeti IKIP Siliwangi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p263-267

Abstract

This research is based on field findings about the learning process in improving children's symbolic thinking skills carried out without the use of varied educational play tools. Playing an ice cream stick puzzle is a new method that is applied to make it easier for children to improve their symbolic thinking skills. This research uses quasi experiment method. Using the method of playing ice cream puzzle sticks, children tend to be more enthusiastic, interested, and more excited when participating in learning. The development of the symbolic thinking ability of children  after learning the method of playing the Ice Cream Stick puzzle improved better than before using the ice cream puzzle stick. This can be seen from the results of the study before being given 27.58 treatments and after being given treatment increased to 29.25.

Penelitian ini didasari oleh temuan dilapangan tentang proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak dilakukan tanpa menggunakan alat permainan edukatif yang bervariasi. Bermain puzzle stick es krim adalah metode baru yang diterapkan untuk memudahkan anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Menggunakan metode bermain puzzle stick es krim anak cenderung lebih antusias, tertarik, dan lebih bersemangat pada saat mengikuti pembelajaran. Perkembangan kemampuan berpikir simbolik anak  setelah mengenal metode bermain puzzle Stick Es Krim menjadi meningkat lebih baik dari sebelum menggunakan puzzle stick es krim tersebut. Hal ini terlihat dari hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan 27.58 dan sesudah diberikan perlakuan meningkat menjadi 29.25.

References

Fadlillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Hardiyanti, Leni. dkk (Jurnal of Leni Hardiyanti. “Penggunaan Media dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Diniâ€. FKIP Universitas Lampung). Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id > index php > PAUD > article > download di akses pada 28 Agustus 2019.

Latif. M., Zukhairina,. & Zubaidah.R,. Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,CV.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-02