MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA

Authors

  • Lisa Agave Aritonang IKIP Siliwangi
  • Dewi Safitri Elsap IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369

Keywords:

Ability to Count, Jarimatika, Early Childhood

Abstract

This research is motivated by the problem of the ability of early childhood to begin with low initial arithmetic and the lack of interest of children in learning to count. So that researchers want to know and examine the ability to count children by using a new method that uses the Jarimatic method. The method used is a quasi-experimental method by class random sampling. The subjects in this study were students from one of the kindergartens in the Taman Kopo area of Bandung consisting of 17 students from each class, namely the experimental class and the control class. The data analysis technique was performed using SPSS 17.0 software with the statistical tests of normality, homogeneity and difference test of the two average pretest data and N-gain numeracy abilities of children. The results of the data show that the ability to count has increased after using the Jarimatic method, this is evident from the average results of the N-gain experimental class that is in the medium category. So that the ability to count early children whose learning uses the Jarimatic method is better than children who learn using the ordinary method, so it can be concluded that the Jarimatic method can create a more enjoyable learning process and increase children's interest in learning to count.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kemampuan anak usia dini dalam behitung permulaan yang masih rendah dan kurangnya minat anak dalam pembelajaran berhitung. Sehingga peneliti ingin mengetahui dan menelaah tentang kemampuan berhitung anak dengan menggunakan metode baru yaitu menggunakan metode  jarimatika. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dati salah satu Taman Kanak-kanak di daerah Taman Kopo Bandung yang terdiri dari 17 orang siswa dari masing-masing kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 dengan uji statistik uji normalitas, homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata data pretest dan N-gain kemampuan berhitung anak. Hasil data menunjukkan bahwa kemampuan berhitung mengalami peningkatan setelah  menggunakan metode jarimatika, hal ini terlihat dari hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen yang berada pada kategori sedang. Sehingga kemampuan berhitung anak usia dini yang pembelajarannya menggunakan metode jarimatika lebih baik daripada anak yang pembelajarannya dengan menggunakan metode biasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan meningkatkan minat anak terhadap pembelajaran berhitung.

References

Elsap, D. S. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Karakter dan Motivasi Belajar Anak Melalui Pendidikan Non Formal (Studi Kasus di Bimbingan Belajar Aljabar). Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 85–91.

Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Berhitung Siswa pada Materi Perkalian. Jurnal UPI, 881–890.

Minarti, E. D., & Nurfauziah, P. (2016). Pendekatan Kontruktivisme dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self Efficacy mahasiswa Calon Guru Di Kota Cimahi. Jurnal P2M STKIP Silwangi, 3(2), 68–83.

Mudiyatun, S. P. (2015). Meningkatkan kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Kelompok A TK Harapan II Magelang. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(November), 1–9.

Musi, M. A. (2016). Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(1), 36–41.

Oktariyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–96.

Patintingan, M. L. (2015). Penerapan Metode Jarimatika Di TK Asoka Makassar. JUrnal KIP, 4(1), 733–747.

Purwaningsih, S. J., Reswita, & Putri, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49–60.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-06