PENGEMBANGAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM KARDUS BEKAS DI PAUD

Authors

  • Nia Kurniawati PAUD Nurul Qolbi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Keywords:

Geometric shapes, used cardboard

Abstract

Cognitive development is an aspect that must be possessed by pre-school children. Indicators that must be possessed in cognitive development include recognizing geometric shapes. Introduction of shapes for pre-school children including triangles, rectangles, rectangles and circles. Considering the importance of introducing shapes to the pre-school children, it is appropriate that educators try hard to provide stimulation in order to develop children's knowledge of geometric shapes. One of the forms in the construction of space is through used cardboard natural materials. This media is considered by the writer to be able to develop knowledge of geometric shapes for pre-school children. This research was conducted by the classroom action research method. Data collection techniques through observation. The number of subjects of this study were 6 children aged 4-5 years consisting of 2 boys and 4 girls. The results of this study were obtained by carrying out 2 cycles. From the 2 cycles that have been done show the results that there is an increase in the ability of students to recognize the form of group A space in Paud. Based on the results of the study it can be concluded as follows: the use of used cardboard media in learning can improve the recognition of shapes in early childhood. This is shown from the analysis found that the average introduction of early childhood age forms in the first cycle was 45%, in the second cycle increased 85% so that the action hypothesis in this study was acceptable.

Perkembangan kognitif merupakan aspek yang harus dimiliki anak pra-sekolah. Indikator yang harus dimiliki dalam perekembangan kognitif diantaranya mengenal bentuk geometri. Pengenalan bentuk bangun ruang untuk anak pra-sekolah meliputi segitiga, segi empat, persegi panjang dan lingkaran. Mengingat begitu pentingnya pengenalan bentuk bangun ruang kepada anak pra sekolah, maka  sudah  selayaknya pendidik berusaha dengan keras untuk memberikan stimulasi dalam rangka mengembangkan pengetahuan anak terhadap bentuk geometri. Salah satu pengembangan  bentuk bangun ruang adalah melalui bahan alam kardus bekas. Media ini dianggap penulis akan bisa mengembangkan pengetahuan bentuk geometri terhadap anak pra-sekolah . Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi. Adapun jumlah subyek penelitian ini adalah 6 anak usia 4-5 tahun yang tediri dari anak laki-laki 2 orang dan anak perempuan 4  orang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan 2 siklus. Dari  2 siklus  yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan terhadap keamampuan siswa dalam mengenal bentuk bangun ruang kelompok A di Paud. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : penggunaan media kardus bekas dalam pembelajaran dapat meningkatkan pengenalan bentuk bangun ruang pada usia PAUD. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang didapat bahwa rata-rata pengenalan bentuk bangun ruag usia PAUD pada siklus I sebesar 45%, pada siklus II meningkat 85% sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

References

DIkMAS, P. P. (2016). Model Penumbuhan Sikap Kompetitif.

Hendriana, H. dan A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Refka Aditama.

Lestari, K. W. (2011). Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Ruseffendi, E. . (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2019-09-16