PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CINTA LINGKUNGAN UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI

Authors

  • Melda Muldianita IKIP SILIWANGI
  • Lenny Nuraeni IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Keywords:

Love Learning Environment Models, Naturals Intelligence

Abstract

Every child has different intelligence so an educator needs to provide stimuli that are appropriate to the age level of the child, one way to develop children's naturalist intelligence is by way of introduction to the surrounding environment, the environment is a source of learning for children, children learn about various plants ,animals, and water Therefore the model applied in enhancing children's naturalist intelligence is a learning model of environmental love. The aim of children is to observe, observe, explore and have gratitude and care for the surrounding environment. The method of writing articles used is Quasi Experiment by giving Treatments to the Experiment Class and Control Class as Comparative Classes and shows that the Environmental Learning Model is able to improve Naturalist Intelligence in Early childhood based on statistical tests obtained an average initial ability test for the experimental class and a different control class of 8.81 the experimental class had an average of higher naturalist intelligence abilities and a greater spread than the control class, so learning using the love model the environment better than ordinary models. So it’s important to introduce the model of learning to love the environment in children because it is to increase the ability and naturalist intelligence of children


Setiap anak mempunyai intelektual yang beragam dengan demikian seorang guru perlu menyampaikan rangsangan yang tepat sesuai tingkatan usia anak tersebut, salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan naturalis aud yaitu dengan cara pengenalan terhadap lingkungan sekitarnya, Lingkungan merupakan sumber belajar bagi anak, anak bisa belajar tentang berbagai tanaman, binatang, dan air dengan demikian Model yang diterapkan untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis aud adalah model pembelajaran cinta lingkungan. Tujuanya anak dapat mengamati, mengobservasi, mengeksplorasi dan memiliki rasa syukur dan peduli terhdap lingkungan sekitarnya, Metode penulisan artikel menggunakan Quasi Eksperimen dengan melakukan pemberikan Treatmen pada Kelas Eksperimen serta Kelas Kontrol sebagai kelas Pembanding dan menunjukan bahwa Model Pembelajaran Lingkungan mampu mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis  pada aud berdasarkan Uji statistik diperoleh rata-rata tes kemampuan awal untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda sebesar 8,81 kelas eksperimen memiliki rata - rata kemampuan kecerdasan naturalis yang lebih tinggi dan penyebarannya lebih besar dibandingkan kelas kontrol, sehingga pembelajaran dengan menerapkan model cinta lingkungan tentunya lebih efektif dari model biasa. Jadi penting hal nya untuk mengenalkan pada model pembelajaran cinta lingkungan pada anak karena untuk mengoptimalkan kemampuan dan kecerdasan naturalis aud

References

Depdiknas. (2009). Permendiknas No 58 Tahun 2009 tentang standar tingkat pencapaian perkembangan. Jakarta: Depdikbud.

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13–30.

Pengembang, T. (2017). Model Media belajar cinta lingkungan. Jabar: Kemendikbud PP PAUD DIKMAS Jawa Barat.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-16