MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA AUD DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA KELOMPOK A

Authors

  • Hanika Taqi Maziyyah IKIP Siliwangi
  • Hera Humaeroh Mutmainah IKIP Siliwangi
  • Heni Nafiqoh IKIP Siliwangi
  • Rohmalina Rohmalina IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Keywords:

Mathematical Logic Intelligence, Number Fishing Game

Abstract

Early childhood mathematical logic involves the child's ability to do simple counting operations and to solve problems using numbers. With the hope that this intelligence needs attention to be improved in early childhood. by stimulating the media game to attract numbers, so that learning can be fun for children. The researcher uses quasi-experimental research by giving treatment to the experimental class and the control class as a comparison class and shows that the media attracts numbers capable of optimizing the intelligence of mathematical logic in early childhood, namely by way of number recognition. Based on the results of the assessment and discussion in question is the child's self-ability to recognize numbers through play. The conclusion is the value of the experimental group data is higher than the control class data, meaning that the development of children is given treatment using the game of fishing for numbers with no treatment given a difference. that is if the Asym.sign (2-tailed) significance value <0.05, there is a significant difference in mathematical logic between the pre-test and post-test results. If the significant value of Asym.sign (2-tailed)> 0.05, then there is no significant difference in mathematical logic between the results.

Kecerdasan logika matematika anak usia dini menyangkut kemampuan anak dalam melakukan operasi hitung secara sederhana serta memecakan masalah dengan menggunakan angka. Dengan harapan kecerdasan logika ini memerlukan perhatian untuk ditingkatkan pada anak usia dini. dengan menstimulasi pada media permainan memancing angka, agar suatu pembelajaran dapat menyenangkan bagi anak. peneliti menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan melakukan pemberian tretmen pada kelas ekserimen serta kelas control sebagai kelas pembanding dan menunjukan bahwa media memancing angka mampu mengoptimalkan kecerdasan logika matematika anak usia dini, yaitu dengan cara pengenalan bilangan. Berdasarkan hasil pengkajian dan pembahasan yang dimaksud adalah kemampuan diri anak dalam mengenal angka lewat bermain. Kesimpulannya adalah nilai data kelompok eksperimen lebih tinggi dari data kelas kontrol, artinya perkembangan anak diberikan perlakuan menggunakan media permainan memancing angka dengan tidak diberikan perlakuan memiliki perbedaan. yaitu jika nilai signifikansi Asym.sign (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikansi dalam logika matematika antara hasil pre-test dan post-tes. Jika nilai signifikan Asym.sign (2-tailed) > 0,05, maka tidak ada perbedaan yang signifikan dalam logika matematika antara hasil.

References

Irawati, R.M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Sangrina Bunda

Munafiah, R. (2018). Kecerdasan Logis-Matematis In Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelegence (p. 37). Wonosobo Jawa Tengah:penerbit Mangku Bumi.

Sujiono, Y.N., dkk. (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sujiono, Y.N. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indek.

Usti, A. (2013). 57 Permainan Kreatif untuk mencerdaskan anak.Gunang Penerbit:Media kita Jakarta:Indek.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-16