PERMAINAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI 47

Authors

  • Wiwin Rusniawati TK Kemala Bhayangkari 47
  • Ikah Rosmiati TK Riyadllun Najjah
  • Fifiet Dwi Tresna Santana PG PAUD IKIP SILIWANGI
  • Chandra Asri Windarsih PG PAUD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Keywords:

gerak dan lagu, anak, kecerdasan emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1). kondisi  objektif  gerak dan lagu anak-anak sebelum mengikuti proses pembelajaran gerak dan lagu. 2). proses penerapan pembelajaran gerak dan lagu  untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak. 3). Kecerdasan  anak  setelah diterapkan gerak dan lagu tersebut. 4). Mengetahui berbagai faktor pendorong dan penghambat penggunaan gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dalam penulisan diungkapkan : 1). Kondisi awal meningkatkan kecedasan emosi anak oleh guru relatif masih konvensional, hanya dilakukan dengan olah raga dan permainan yang ada. 2). penerapan gerak dan lagu ditempuh melalui tahap-tahap pelaksanaan seperti tahap-tahapan menyusun RPPH pelaksanaan yang terpecah 3 tahap : Inti kegiatan, kegiatan akhir, refleksi kegiatan. 3) Kecerdasan emosi anak pada umumnya terutama bila mulai menggerakkan badan dan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan lentur diperlukan latihan, konsentrasi, berfikir kreatif walaupun masih ditemukan sebagian kecil anak yang menunjukkan kadar partisipasi gerak dan lagu. 4). Masih ditemukan kesulitan pada faktor pendorong dan pendukung yakni penataan ruangan yang tidak efektif, cara guru di dalam kegiatan kurang menarik sehingga anak kurang berminat dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, kegiatan pembelajaran dengan  penerapan  gerak dan lagu  sangat  berdampak  terhadap  peningkatkan  kecerdasan emosi anak. 

References

Febrialismanto. (2017). Gambaran Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pesona Dasar Vol. 5 No. 2 Oktober 2017. http://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/8845/7050. [12 September 2019].

Seriati, N.N., Hayati, N. (2017). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

https://docplayer.info/418975-Permainan-tradisional-jawa-gerak-dan-lagu-untuk-menstimulasi-keterampilan-sosial-anak-usia-dini.html.

Santana, F.D.T (2019). Teacher Creativity Strengthening on Arts and Design Education. Atlantis Press. https://dx.doi.org/10.2991/icade-18.2019.77. (327 – 330).

Santana, F.D.T., Zahro, I.F (2019). Model Pembelajaran Tari Nusantara : Sebuah Contoh Kreativitas Model Tari Piring Bagi Guru PAUD. Jurnal AUDI Vol. 4 No. 1 Tahun 2019. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fejurnal.unisri.ac.id%2Findex.php%2Fjpaud%2Farticle%2Fview%2F3030. [15 September 2019].

Sofia Hartati (2007). How to be a Good Teacher and to be a Good Mother, Enno Media Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solehudin (2009) Permainan Anak-anak Daerah Jawa Tengah Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-29