MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYA WISATA

Authors

  • Siti Julaeha RA Al Muhajirin
  • Dewi Elshaf Safitri ikip siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Keywords:

Language Skills, Field Trip Methods

Abstract

This research is motivated by the lack of children's skills in aspects of language, which is seen when children communicate with friends or people around him because of the lack of vocabulary so that it is the teacher's job to pay more attention and be able to stimulate these deficiencies appropriately. Therefore this study aims to determine efforts to improve language skills of early childhood through the field trip method. This study uses classroom action research methods, in this study to improve the language skills of teacher children using the method of field trips, this research procedure which includes planning, implementing actions, observations, and reflections. then to the conclusion of this study the results obtained in the first cycle of teacher skills utilizing field trips in the school environment, it appears that children are still lacking in language can be seen from the way communication is done by children with friends and teachers, vocabulary and the composition of words in expressing something is still incomprehensible and not yet arranged. Therefore, the study continued in the second cycle phase and obtained better results, namely an increase in children's language that is seen when children are asked to retell experiences that have been felt during working tours and children are able to reach the indicators set by the teacher so that the research succeeds until cycle phase II.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan anak dalam aspek bahasa di TK Al Muhajirin, yang terlihat saat anak melakukan komunikasi dengan teman ataupun orang disekitarnya. dan minimnya kosa kata yang dimiliki sehingga menjadi tugas guru juga untuk lebih memperhatikan dan dapat menstimulasi kekurangan tersebut dengan tepat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedure penelitian ini yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. kemudian untuk kesimpulan penelitian ini  diperoleh hasil pada setelah melalui dua siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan terlihat kemampuannya dalam bahasa masih kurang yang dilihat dari cara anak melakukan komunikasi yang dilakukan dengan teman maupun guru, pembendaharaan kata dalam mengungkapkan sesuatu masih kurang dapat dipahami dan belum tersusun. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan pada tahapsiklusII dan diperoleh hasil yang lebih baik yakni terdapat peningkatan pada bahasa anak yang terlihat saat anak diminta menceritakan kembali pengalaman-pengalaman yang sudah dirasakan selama berkarya wisata dan anak mampu mencapai indikator yang ditetapkan oleh guru sehinnga penelitian berhasil sampai tahap siklus II.

References

Dhieni, N., & Fridani, L. (2014). Modul Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Retrieved from repository.ut.ac.id/4695/1/PAUD4106-M1.pdf

Hendriana, H., & Afrilianto (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Bandung, Refika Aditama.

Hasan, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Retrieved from: https://books.google.co.id/books?id=o7b5AwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-29