PENERAPAN PERMAINAN PENJEPIT BAJU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERBEDAAN UKURAN BANYAK DAN SEDIKIT DI TK KARTIKA XIX – 1 BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i2.p%25pKeywords:
The Ability to Vary The Size of Many and Few, Clothes Pinning GamesAbstract
The implementation of clothes pinning games to develop the ability to vary the size of many and few in TK Kartika XIX – 1. The problem of this research is whether through the implementation of clothes pinning clothes can develop the ability to recognize differences in size. The purpose of this research is to find out through the application of clothes pinning clothes that can develop the ability to recognize many and few differences. This study used a quasi-experimental study with the subject of children in group B TK Kartika XIX-1 with a total number of 22. Which was divided into 2 classes, consists of 11 children for the experimental group and .11 children for the control group? This research shows that there is a change to be better. This can be seen in the data before the research (pretest) when the experimental class is in the medium and low categories, whereas after using the clothes pinning game, it increases to the medium and high categories. The conclusion of this study is that the researchers concluded that the action of learning through the implementation of clothes chips can be proven to develop the ability and recognize the differences in the size of many and few children.
Penerapan Permainan Penjepit Baju Untuk Mengembangkan Kemampuan Perbedaan Ukuran Banyak dan Sedikit  di TK Kartika XIX-I. Permasalahan penelitian ini  apakah melalui penerapan permainan penjepit baju dapat mengembangkan kemampuan mengenal perbedaan ukuran banyak dan sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui melalui penerapan permainan penjepit baju dapat mengembangkan kemampuan mengenal perbedaan ukuran banyak dan sedikit. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan subjek penelitian anak Kelompok B TK Kartika XIX – 1 Bandung dengan jumlah keseluruhan 22. Yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 11 orang untuk kelas eksperimen dan 11 orang untuk kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan adanya perubahan kearah yang lebih baik. Hal ini terlihat dalam data sebelum penelitian (pretest) kelas eksperimen berada pada kategori sedang dan rendah, sedangkan setelah menggunakan permainan penjepit baju meningkat menjadi kategori sedang dan tinggi. Kesimpulan penelitian ini bahwa tindakan pembelajaran melalui penerapan permainan penjepit baju dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan mengenal ukuran banyak dan sedikit  anak usia dini.
References
Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
dkk, S. (2008). Motode Perkembangan Kogitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak - kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Rohmalina, d. R. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika AUD Dengan Menggunakan Permainan Angka Pada Kelompok A. Jurnal Ceria.
Sujiono. (2008). Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syaodih, M. A. (2011). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Utomo, H. B. (2015). Implementasi Permainan Penjepit Baju Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Airlangga University.