MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN TATA ANGKA

Authors

  • Desika Nurohmah Kober Al Hikmah Cimahi, jl. Ciseupan Rt 04/Rw 06 Kelurahan Cibeber

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p%25p

Keywords:

Logic-Mathematical Intelligence, Numbers Management

Abstract

 

This research is in the background of not yet developing the ability of logical-mathematical intelligence of children of group B Kober Al Hikmah Cimahi. The purpose of this study is to improve the intelligence of logic-mathematics through numerical games. This type of research is classroom action research (CAR), which is conducted collaboratively between researchers and classroom teachers. The study consisted of two cycles and each cycle held two meetings of the study subjects 13 children aged 5-6 years 8 boys & 5 girls. Data collection techniques through observation and documentation. The instruments used were observation sheets and documentation. The data analysis technique was done in a quantitative descriptive manner. The results of the study show that there is an increase in logical-mathematical intelligence after learning through numerical grading. The results of observations on pre-action that children with criteria to develop as expected there are 3 people or 23.7% in the first cycle rose to 8 people or 61.5%, in the second cycle increased again to 10 children or 76.9%. The steps taken so that they can improve the intelligence-mathematical intelligence of the teacher's child to prepare the game media in the form of numbers and demonstrate how to play. Thus it can be concluded through numerical games that can improve the intelligence of logic-mathematics.


Penelitian ini di latarbelakangi belum berkembangnya kemampuan kecerdasan logika-matematika anak kelompok B Kober Al Hikmah Cimahi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kecerdasan logika-matematika melalui permainan tata angka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua pertemuan, subjek penelitian 13 anak usia 5-6 Tahun 8 laki-laki & 5 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat peningkatan dalam kecerdasan logika-matematika setelah pembelajaran melalui pemainan tata angka. Hasil observasi pada pra tindakan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan ada 3 Orang atau 23,7% pada siklus I naik menjadi 8 Orang atau 61,5%, pada siklus II naik 10 Anak atau 76,9%. Langkah yang di tempuh sehingga dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak, guru mempersiapkan media permainan berupa tata angka dan mendemontrasikan cara bermainnya. Dengan demikian dapat di simpulkan melalui permainan tata angka dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika.

References

Almansyah, S., Andi, B., (2015). Strategi mengajar Multiple Intelligences mengajar sesuai kerja dan gaya belajar siswa. Jakarta: Prenada Media Grup

Arikunto, S. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asiyah, S. (2013). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Tk Islam Mutiara Surabaya. PAUD Teratai, 2(2).

Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curricula, 1(3), 1-11.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Itiningsih. (2018). Analisis kebijakan PAUD Jakarta: Mangku Bumi Media.

Lestari,D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A di TK Aba Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Neni, N., & Aprianti, E. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 59-63.

Margono,S, (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Martinis, Y., & Jamilah, S. (2013). Mendidik Anak Berprestasi. Bandung: PT Rosdakarya.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2020-05-03