PENERAPAN PERMAINAN KARPET BILANGAN ANGKA 1-20 DALAM PENGUASAAN NUMBER SENSE PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Susi Sulastri Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Muhammad Kosim Sirodjuddin Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Komala Komala Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p%25p

Keywords:

Mastery of Number Sense, Carpet of Numbers

Abstract

The purpose of this study was to describe the application of carpet numbers 1-20 in the mastery of number sense in group B children. Learning mathematics will not be separated from numbers, calculations and logic. The process of learning mathematics is usually in the form of activities related to paper and pencil, paper or commonly called child worksheets. This tends to make children bored if done continuously. Tedious activities will cause children to be less interested in the learning process. If children are less interested in the learning process, this will greatly affect children's learning achievement. Therefore, researchers try to do activities other than using children's worksheets, namely games. The subjects in this study were 10 children in group B. Which consisted of four girls and six boys. The research method used is descriptive and uses a qualitative approach. The technique used in this research is observation, interview, documentation with data collection tools that are interview guides, observations, documentation and field notes. From the research results obtained, the implementation of learning carried out involves the child directly in learning activities, the way the teacher guides and evaluates the child in each activity, the child's response in learning at the time of applying the carpet game of numbers numbers the children look happy, cheerful, uplifting and developing very good.


Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan permainan karpet bilangan angka 1-20 dalam penguasaan number sense pada anak kelompok B.. Belajar matematika tidak akan lepas dari angka, perhitungan dan logika. Proses pembelajaran matematika biasanya berupa kegiatan yang berkaitan dengan kertas dan pensil, kertas atau yang biasa disebut lembar kerja anak. Hal ini cenderung membuat anak bosan jika dilakukan terus menerus. Kegiatan yang membosankan akan mengakibatkan anak kurang tertarik pada proses pembelajaran. Jika anak kurang tertarik pada proses pembelajaran, ini akan sangat mempengaruhi prestasi belajar anak. Maka dari itu, peneliti mencoba untuk melakukan kegiatan selain menggunakan lembar kerja anak yaitu dengan permainan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 anak kelompok B. Yang terdiri dari empat anak perempuan dan enam anak laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpul data yaitu panduan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian yang diperoleh, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, cara guru membimbing dan mengevaluasi anak dalam setiap kegiatan, respon anak dalam pembelajaran pada saat penerapan permainan karpet bilangan angka anak-anak tampak gembira, ceria, semangat dan berkembang sangat baik.

References

Gunarti, D.L. (2015). Number Sense Untuk Anak Usia Dini. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Mirawati, M. (2015), Penerapan Permainan Matematika Kreatif Dalam Meningkatkan Number Sense Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal Ilmu Pendidikandan Pengajaran, Vol. 2 No. 1.

Mirawati. (2014). Permainan matematika kreatif: Kreasi pembelajaran matematika bagi anak melalui aktivitas bermain. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Dasar SPs UPI 2014 (hlm. 672-678). Bandung: Rizki Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Megawati, T., & Komala, K. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI OLAHRAGA LARI ESTAFET PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-GHUROBA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 126-136.

Utoyo, S., Arifin, N., Arifin, I., Rahmat, A. (2018). Kinesthetic Games Model to Improve Early Mathematics Ability in Early Childhood.International Journal of Innovative Science and Research Technology. Volume 3, Issue 11, November–2018, hlm: 624-628.

Downloads

Published

2020-05-03