KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DALAM TAFSIR IBNU KATSIR

Authors

  • Anisa Rohmawati Kober Atsilah
  • Ronny Mugara IKIP Siliwangi
  • Rohmalina Rohmalina IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p%25p

Keywords:

Education, Children, Ibn Kathir

Abstract

Children are the fruit of life for parents as the next generation. Every parent would want a child who is righteous and righteous. Many parents today are less ready to educate children and are not in accordance with the Qur'an. So a correct understanding of the education of children in accordance with the Qur'an is still needed. Among the verses in the Qur'an relating to the concept of education to children is the QS. Lukman: 12-19. The purpose of this study was to determine the concept of children's education, and how to deal with the challenges of the times based on the concept of children's education according to Ibn Kathir. This research uses a qualitative approach. For data collection the authors use the Literature method with primary and secondary data sources, using reference books, which are related to research problems. The data analysis technique is by reading and also analyzing primary and secondary source data by skimming, paragraph statements and document statements. The concept of education in the interpretation of Ibn Kathir according to the QS. Lukman: 12-19 are: a) giving wisdom and commands of gratitude to God, b) prohibition of shirk, c) filial piety to both parents, d) every bad and good is rewarded, e) the command to establish prayer, f) the prohibition so that not arrogant.

Anak adalah buah kehidupan bagi kedua orangtua sebagai generasi penerus. Setiap kedua orangtua pasti menginginkan putra putri yang sholih dan shalihah. Banyak kedua orangtua sekarang yang kurang siap dalam mendidik anak dan tidak sesuai dengan Al-Qur’an. Maka pemahaman yang benar akan pendidikan terhadap anak yang sesuai dengan Al-Qur’an masih diperlukan. Diantara banyak ayat dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep pendidikan terhadap anak adalah QS. Lukman : 12-19. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan konsep pendidikan anak, dan cara menghadapi tantangan zaman berdasarkan cara pembinaan anak menurut Ibnu Katsir. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode Literatur dengan sumber data primer dan sekunder, menggunakan rujukan buku-buku, yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisi data yaitu dengan mebaca juga menganalisis data sumber primer dan sekunder dengan cara: skimming, paragraph statement dan dokument statement. Adapun konsep pendidikan dalam Tafsier Ibnu katsir menurut QS. Lukman : 12-19 adalah: a)pemberian hikmah dan perintah rasa syukur kepada Allah, b)larangan syirik, c)berbakti kepada kedua orangtua, d)setiap keburukan dan kebaikan ada balasannya, e)perintah mendirikan shalat, f)larangan agar tidak sombong.

References

Ar-Rifa’i, M. N. (1999). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press

Ariesandi. (2011). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Az-Zecolany, A. H. (2011). Kesalahan-Kesalahan Kedua orangtua Penyebab Anak Tidak Shalih. Jogjakarta: Diva Press

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadillah, M dan Lilif. M. K. (2013). Pendidikan Karakter Anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hadiyyin, I. [2017]. Konsep Pendidikan Ukhuah: Analisis Ayat-Ayat Ukhuwah Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Qalam. 34 (2), pp. 1-25.

Jailani, M. S. [2014]. Teori Pendidikan dan Tanggung Jawab Kedua orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Nadwa. 8 (2), pp. 246-260.

Katsir, I. (2006). Al-Bidayah Wan Nihayah. Jakarta: Darul Haq

Meleong, L (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ma’sum, T. [2018] Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Intizam. 1 (2), pp. 95-112.

Murshafi, M. A. (2009). Mendidik Anak Agar Cerdas dan Berbakti. Solo: Cinta

Nuraeni, L dan Fifiet. D. T. S. [2015]. Persepsi Pola Pengasuhan Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. 2 (2), 160-168.

Prasetiawati, E. [2017]. Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Persepektif Muhammad Quraish Shihab. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tadbir. 5 (1), pp. 116-131.

Rostiawati, T. [2015]. Konsep Pendidikan Akhlaq Dalam Al-Qur’an. Jurnal Irfani. 11 (1), pp. 28-40.

Ramayulis. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suntana, I. (2015). Etika Pendidikan Anak. Bandung: CV Pustaka Setia

Sukrilah, S. [2014]. Tafsir Pendidikan Tauhid Keluarga dalam QS. Al-Baqarah 132-133. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Mudarrisa. 6 (2), pp. 277-300.

Rohani ,dan Hayati N. [2017]. Pendidikan Anak Menurut Surat Lukman Ayat 12-19 Dalam Tafsir Ibnu Katsir. Al-Iltizam. 2 (1), pp. 108-129.

Zakaria, A. (2004). Tarbiyah An-Nisa. Garut: Ibn Azka Press.

Downloads

Published

2020-05-10