PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMUALAAN ANAK KELOMPOK A DI KIDS TALENT

Authors

  • Friska Eprilia TK Kids Talent School, Taman Kopo Indah III F1 No 31-33
  • Fifiet Dwi Tresna Santana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Abstract

A child’s ideal language is a verbal system and written signs, which are often referred to as ways of communication between people. It depends on one’s maturity. It based on the phenomena that researchers found at the study site. It was found that through Montessori-based learning, which can stimulate the senses and language of children. The purpose of this study is to describe the Montessori method in improving initial reading in group A. The method is descriptive qualitative. The study involved 2 groups which are 2 class teachers and 16 children age 4-5 years. Data analysis techniques are observation, interviews, and other data collection methods. The results of the research in the field showed that there was an increase in the ability to read at the beginning of group A children in Kids Talent Kindergarten.

 

Bahasa yang ideal anak yakni suatu sistem tanda secara lisan dan tulisan, yang sering disebut sebagai cara komunikasi antarmanusia. Hal ini tergantung kematangan yang dimiliki oleh seseorang. Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lokasi penelitian, diperoleh bahwa melalui pembelajaran berbasis Montessori, dapat menstimulus indra dan bahasa anak-anak. Tujuan penelitian mendeskripsikan metode Montessori dalam peningkatan membaca permulaan pada kelompok A. Metodenya deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 2 guru kelas kelompok A dan 16 anak dengan rentan usia 4-5 tahun. Teknik analisis data : observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Kids Talent.


References

Ahmad, Susanto. [2011]. Perkembanan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam

Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana

Darwadi. [2002]. Langkah-langkah Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Dhieni, Nurbiana. [2007]. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Fadillah, M. [2019]. Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Jannah, L. A. [2013]. Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD Yang Sering Dianggap Sepele. Jogjakarta: DIVA Press

KBBI, [1999]. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Latif, M. A. [2019]. Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4[2], 25-34.

Maya, I. S. [2019]. Aktivitas Montessori Stimulasi Indra dan Bahasa. Jakarta: Cikal Aksara

Moleong, L. [2007] Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya

Paramita, V. D. (017). Jatuh Hati Pada Montessori. Yogyakarta: B first.

Sujiono, Y. N.(2009). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Downloads

Published

2020-07-22