IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B

Authors

  • Ratna Hafizah RA Az-zahra, Jl. Rawa Tampele RT.04 RW.03 Desa. Sirnagalih Kec. Cipongkor Kab.Bandung Barat Provinsi. Jawa Barat.
  • Syah Khalif Alam IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Keywords:

Cooperative Play, Social Skills, Early Childhood

Abstract

This research is motivated by the lack of attention to aspects of social development and the presence of some undeveloped indicators in children. The results of preliminary observations indicate that the social development of children is not well developed. According to Piaget (1965), children's social skills will increase when they interact with their friends. This study aims to determine the planning of the use of cooperative play methods in enhancing early childhood social development, the implementation of cooperative play in enhancing children's social development in RA Az-zahra, the results of using cooperative play methods in enhancing social development in children in RA Az-zahra. This research uses quantitative descriptive methods. The subjects in this study were group B children aged 5-6 years, totaling 10 children. Data collection techniques were obtained through observation, interviews, and documentation. The analysis used is descriptive statistical analysis. This descriptive statistical analysis technique uses the presentation of data in tabular and graphical form. The results showed that cooperative play can be seen with the increasing number of indicators shown by children after carrying out cooperative play activities including children already willing to cooperate, please help, respect others, be empathetic, and share.


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian pada aspek perkembangan sosial, dan adanya beberapa indikator yang belum berkembang pada anak. Hasil observasi awal menunjukkan perkembangan sosial anak belum berkembang dengan baik. Menurut Piaget (1965) keterampilan sosial anak-anak akan meningkat ketika mereka berinteraksi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan penggunaan metode bermain kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini, pelaksanaan bermain kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial anak di RA Az-zahra, hasil penggunaan metode bermain kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial pada anak di RA Az-zahra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Teknik analisis statistik deskriptif ini menggunakan penyajian data dalam bentuk tabel,dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kooperatif dapat dilihat dengan meningkatnya beberapa indikator yang ditunjukkan oleh anak setelah melaksanakan kegiatan bermain kooperatif antara lain anak sudah mau bekerjasama, tolong menolong, menghargai orang lain, bersikap empati, dan berbagi.

References

Isjoni. (2011). Cooverative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABET

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maresha, O. D., & Stanislaus, S. (2018). Keefektifan Permainan Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Pra Sekolah di TK Kemala Bhayangkari 81 Magelang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(1), 44-51.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universtitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. (2020). PENYULUHAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS CHILD CENTER PADA PENDIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PURWAKARTA. Abdimas Siliwangi, 3(1), 94-103.

Rahmawati, Y. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Supriatna, E., Aprianti, E., & Yuliani, W. (2019). PENGARUH BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA SISWA PAUD DI KOTA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 126-135.

Trinika, Y., Nurfianti, A., & Irsan, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Tk Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Downloads

Published

2020-07-22