ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SANDPAPER LETTERS UNTUK KETERAMPILAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25pKeywords:
Anak usia dini, mengenal huruf, media sandpaper lettersAbstract
The skill to recognize letters is the ability of children to understand the symbols symbolizing the sounds of language. Based on the results of an interview at RA Persis 258 Al-Muslimun Bandung District, it turns out that learning media for letter recognition is not yet available. One of the media that can develop the skills to recognize letters is sandpaper letters. This media is Maria Montessori's learning media in the form of touch letters to introduce concrete symbol letters, made of 1cm square thick wood. the lettering design comes from sandpaper. Also, the benefits of media sandpaper letters can optimize the five senses, namely seeing, palpating with two fingers, index finger, and middle finger following the shape of the letters. This research uses descriptive analysis method to describe through the collected data or samples as they are. Data collection techniques through observation and interviews with the teacher. Data analysis uses data reduction, data display, and conclusions. Based on the results of media analysis, the researcher concludes that there is a need to use sandpaper letters in PAUD to teach concrete recognition concretely and interestingly for children, especially children aged 4-5 years.
Keterampilan mengenal huruf adalah kesanggupan anak dalam memahami tanda aksara melambangkan bunyi bahasa. Berdasarkan hasil wawancara di RA Persis 258 Al-Muslimun Kabupaten Bandung, ternyata media pembelajaran pengenalan huruf belum tersedia. Salah satu media yang dapat mengembangkan keterampilan mengenal huruf adalah sandpaper letters. Media ini merupakan media pembelajaran Maria Montessori berupa huruf raba untuk mengenalkan simbol huruf dengan kongkret, terbuat dari kayu persegi ketebalan 1cm. desain huruf berasal dari kertas amplas. Selain itu, manfaat dari media sandpaper letters dapat mengoptimalkan panca indera yakni melihat, meraba dengan dua jari, jari telunjuk dan jari tengah mengikuti bentuk huruf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis untuk mendeskripsikan melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara pada guru. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis media, peneliti menarik kesimpulan bahwa perlu adanya penggunaan media sandpaper letters di PAUD untuk mengajarkan pengenalan huruf secara konkret dan menarik untuk anak, khususnya anak usia dini 4-5 tahun.
References
Agustina, N. (2018). Perkembangan Bahasa Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Agustin, S.W. [2016]. Pengembangan Alat Peraga Sandpaper Letters Materi Menulis Kalimat Tegak Bersambung Berbasis Metode Montessori. [Skripsi, Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta].
Al-Tabany. (2011). Mendesain Model Pembelajaran inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta : Kencana.
Cahyani, A. B. (2019). PENGARUH BERMAIN HURUF AMPLAS (SANDPAPER LETTERS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 62, Bogor) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Evans, M. A., Nowak, S., Burek, B., & Willoughby, D. (2017). The effect of alphabet eBooks and paper books on preschoolers’ behavior: An analysis over repeated readings. Early Childhood Research Quarterly, 40, 1-12.
Fauzaturrohmah, Z.S & Christiana, E. [2016]. Pengaruh Permainan Berburu Harta Karun Abc Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A2. Jurnal: PAUD Teratai, 5 (2), 129-133.
Fikasari, C. F. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENIRU HURUF KELOMPOK A PAUD AR RAHMAN JOMBANG. PAUD Teratai, 2(3).
Gutek, G. L. (terjemahan), (2015). Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jazariyah. [2019]. Papan Huruf Flanel: Media Pembelajaran Keaksaran Awal Untuk Anak Usia Dini. Jurnal: Pendidikan Anak, 5, ( 2), pp 1-15.
Justice, L. M., Pence, K., Bowles, R. B., & Wiggins, A. (2006). An investigation of four hypotheses concerning the order by which 4-year-old children learn the alphabet letters. Early Childhood Research Quarterly, 21(3), 374-389.
Kadarwati, A. & Malawi, I., (2012). Pembelajaran Tematik Konsep dan Aplikasi. Solo: CV. Ae Media Grafika.
Maulidya, R.A., Sa’dullah, A., & Lismanda, F.Y. [2019]. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Media Pohon Huruf pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang. Jurnal: Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, (2), doi:http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index.
Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Rahmadani, F., Suryana, & D., Hartati, S., [2019]. Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal: Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5, (2). 56-66. doi: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index.
Rambli, D. R. A., Matcha, W., & Sulaiman, S. (2013). Fun learning with AR alphabet book for preschool children. Procedia computer science, 25, 211-219.
Sumiati. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri Idhata Bantaeng. [Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar. Makasar].
Sugiyono. (2010). Mamahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suryana, D. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.