BUKU PANDUAN KEGIATAN SAINS PLANTING FUN UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Tita Martriana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Keywords:

Manual Book Activities, Science Planting Fun, Fine Motor Development.

Abstract

The research problem was obtained when conducting a preliminary study in RA Al-Huda Tasikmalaya, the constraints of the teacher in compiling and implementing learning activities had an impact on the development of fine motoric children. The method used in this research, namely the Development of EDR (Educational Design Research) types uses the Generic EDR (McKenney & Reeves) model, which has stage 1) Exploration and Analysis stage; 2) Design and Construction stage; 3) the Evalution and Reflection stage with mixed method data analysis and collection techniques in the form of observation, interviews, documentation, and expert judgment.The results of this study are in the form of a manual Planting Fun science activities containing material and steps of activities to facilitate the development of fine motoric children and facilitate teachers in conducting scientific approaches to children through the scientific process of observing, asking, gathering information, reasoning, and communicating. Based on the results of the validation by the material, pedagogical, and product expert team that this activity handbook is suitable for use in PAUD as a basis for the teacher's hand to facilitate the development of fine motor children in aspects of wrist use, the use of the fingers and eye and hand coordination.

Permasalahan penelitian didapat saat melakukan studi pendahuluan di RA Al-Huda Tasikmalaya, adanya kendala guru dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan pembelajaran berdampak pada perkembangan motorik halus anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu Pengembangan jenis EDR (Educational Design Research) menggunakan model Generik EDR (McKenney & Reeves), yang mempunyai tahapan 1) tahap Exploration and Analysis; 2) tahap Design and Construction; 3) tahap Evalution and Reflection dengan analisis data mixed method dan teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara, dokumemtasi, dan expert judgement. Hasil dari penelitian ini berupa buku panduan kegiatan sains Planting Fun berisi materi dan langkah-langkah kegiatan untuk memfasilitasi perkembangan motorik halus anak serta memfasilitasi guru dalam melakukan pendekatan saintifik kepada anak melalui proses ilmiah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli materi, pedagogik, dan produk bahwa buku panduan kegiatan ini layak digunakan di PAUD sebagai dasar pegangan guru untuk memfasilitasi perkembangan motorik halus anak pada aspek penggunaan pergelangan tangan, penggunaan jari-jemari tangan serta koordinasi mata dan tangan.

Author Biography

Tita Martriana, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Early Childhood Education

References

Acep .[2010]. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Familia.

Beetlestone, F .[2012]. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Creswell, J .[2013]. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan ke-3. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Desmita .[2013]. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah .[2010]. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Asdi Mahastya

Jaipaul dan James .[2011]. Pendidikan Anak Usia Dini, dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Melati, T .[2011]. Pengembangan Buku Panduan Guru dalam Penggunaan Kit Ipa SMP Berbasis Scientific Approach.[Skripsi Universitas Lampung]

Mutiah, D .[2010].Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

McKenney, S. & Reeves .[2014]. Conducting Educational Design Research. The Netherland: University of Twente.

Porter dan Reardon .[2008]. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Santrock .[2007]. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Seefeldt & Barbour .[1994]. Early Childhood Education. USA: Macmillan College.

Sujiono .[2008]. Metode Pengembangan Fisik Edisi 1 Cetakan 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukirman, D .[2009]. Pembelajaran Mikro. Bandung : UPI PRES.

Suyanto, S .[2005]. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY

Jakarta: Universitas Terbuka

Upton, P .[2012]. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Wells & Nancy .[2014]. School Gardens grow kids’ physical activity. Human Ecology. 42 (1).

Downloads

Published

2020-07-20