PEMBELAJARAN COOKING CLASS MELALUI METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN ASUPAN GIZI PADA ANAK USIA DINI

Hotnida Gultom, Muhammad Kosim Sirodjudin, Chandra Asri Windarsih

Abstract


The study in this study is about the condition of malnutrition in children is a situation where children who lack nutrient intake from food nutrients such as protein, fat, carbohydrates, vitamins, can cause various diseases. The purpose of this study is to examine and find out about the application of cooking class learning with the STEAM method to increase nutrient intake in early childhood. This research method is qualitative descriptive. The subjects of this study were children of group B, amounting to 16 people from TK Kartika X-4. where the researchers' data collection techniques through observation, interviews, and data analysis documentation used are descriptive qualitative. The results of this study found that early childhood after carrying out cooking class learning activities through the STEAM method there were significant changes, where children experienced an increase in nutritional intake by consuming healthy and nutritious food, and having knowledge about healthy food so that young children grow and develop as fast as possible. optimal. and cooking class learning is interesting learning fun and foster children's thinking more critical, creative, and innovative.

Kajian dalam penelitian ini adalah mengenai keadaan gizi yang kurang pada anak merupakan suatu keadaan dimana  anak yang kekurangan asupan zat gizi yang berasal dari nutrisi makanan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dapat menimbulkan berbagai penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah dan mengetahui tentang penerapan pembelajaran cooking class dengan metode STEAM untuk meningkatkan asupan gizi pada anak usia dini. Metode penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Adapun Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 orang TK Kartika X-4. dimana teknik pengumpulan data peneliti melalui    observasi,wawancara dan dokumentasi analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif . Hasil dari penelitian ini  didapat bahwa anak usia dini setelah melaksanakan kegiatanpembelajaran cooking classmelalui metode STEAMterdapat perubahan yang signifikan, dimana anak mengalami peningkatan asupan gizi dengan mengkomsumsi makanan sehat dan bernutrisi, Serta memiliki pengetahuan tentang makanan sehat sehingga anak usia dini bertumbuh dan berkembang secata optimal. dan pembelajaran cooking class ini menjadi pembelajan yang menarik menyenangkan serta menumbukan pola pikir anak lebih kritis,kreatif dan inovatif.


Keywords


Learning Cooking Class, STEAM Method, Nutrition

References


Bhakti, W. (2015). Upaya Meningkatkan Entrepreneurship Anak Melalui Cooking Class Pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 105-116.

Ekasari, D., & S. (2019). Pengaruh Sains dan Teknologi Terhadap Kebiasaan Sains Anak di Taman Kanak-Kanak. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adatif), 2(4), 144–153.

Maharani, N., Istiyati, S.,& Palupi, W. (2019). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pembiasaan Mengkomsumsi Makanan Sehat Pada AnaK Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(3), 338–351.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD PT. Remaja Rosdakarya.

Purwani, E.(2013). Pola Pemberian Makan dengan Status Gizi anak Usia 1 sampai 5 Tahun di Kabunan Taman Pemalang. Jurnal Keperawatan anak, 1 (1)

Saijah,S.,Lestari,S.,& Yusup, A. (2014). Peningkatan Pemahaman Gizi Seimbang Pada Anak Uisa 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. (Doctoral Dissertation, Tanjungpura University).

Sari, A. M. (2017). Upaya Mengembangkan Kreatifitas Pada Kegiatan Fun Cooking Kelompok B TK PKK Marsudisiwi Gunung Kelir Pleret, Bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(7), 659–670

Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PENDEKATAN STEAM MELALUI PROGRAM HOME VISIT. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 93-105.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats