PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA PERMAINAN KOTAK HURUF PADA KELOMPOK B

Ai Yati Sumiati, Komala Komala

Abstract


The introduction of letters is an aspect that needs to be developed in children because it is the basis for developing reading, writing, and literacy. The background of this research was because there are some children in class B did not know the symbols of the letter. In this research, the child was instructed to make the letters in the letters media into a word that corresponded to the image. This research was looking to find the motif of the letters media box against the increase in class B at Al-Khoiriyah Bani Yusuf Kindergarten, Batujajar, West Bandung Regency. As for the subjects of this study were 20 students, consisting of 13 male students, and 7 female students. This type of research is Classroom Action Research (CAR) Kemmis and Mc Taggart model, with research steps including planning, actions, observation, and reflection. This research was conducted in 2 cycles, every three meetings. The data analysis used is descriptive quantitative, with data collection techniques by means of observation, interview, and documentation. The results of the study explained that the increase in recognizing letters in class B experienced an increase seen from the pre-cycle percentage of 25%, after holding the first cycle increased to 40%, and the second cycle increased to 75%. Letterbox games are an alternative for teaching children to recognize letters.

Pengenalan huruf adalah aspek yang perlu dikembangkan pada anak, karena merupakan dasar dalam mengembangkan baca, tulis atau keaksaraan. Latar belakang penelitian ini karena ada sebagian anak pada kelompok B yang belum mengenal simbol-simbol huruf, pada penelitian ini  anak diintruksikan untuk menyusun huruf yang terdapat dalam media kotak huruf menjadi sebuah kata sesuai dengan gambar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan media kotak huruf terhadap peningkatan mengenal huruf pada kelompok B di Tk Al Khoiriyah Bani Yusuf, kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, adapun subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 7 siswa  perempuan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah-langkah penelitian meliputi, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing 3 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peningkatan mengenal huruf pada anak kelompok  B mengalami peningkatan yang dilihat dari persentase pra siklus sebesar 25%, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 40%, dan siklus II meningkat menjadi 75%. Permainan kotak huruf menjadi alternatif mengajarkan mengenal huruf untuk anak. 


Keywords


Knowletters, Letter Boxes

References


Fauzia, W. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MENGAJAR KOSAKATA GURU MELALUI PENGGUNAAN METODE COACHING (Penelitian Tindakan Kelas Di Salah Satu Tk Bilingual Di Kota Bandung). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 135-159.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung : PT Refika Aditama.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembela-jaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nafiqoh, H., Aprianti, E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Na-sional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purnama, R. (2017) Meningkatkan Pen-guasaan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Flash Card Di Tk Para Bintang. Tahu ajaran 2017/2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats