PENERAPAN KEBERSIHAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI ANIMASI UNTUK PENGENALAN VIRUS COVID 19

Authors

  • Vina Fazriah IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jerndaral Sudirman, Cimahi
  • Chandra Asri Windarsih IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jerndaral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Keywords:

Cleanliness, Early Childhood, Animation, Covid 19

Abstract

This article aims to find out how to apply cleanliness through animation, especially in early childhood education, in the early 2020s the world including Indonesia was hit by a deadly virus, the COVID 19. The virus is why it is very important to introduce the COVID 19 virus to children through animation? why do we have to apply cleanliness? this is what makes researchers interested in conducting this research. The method used in this research is descriptive qualitative method with qualitative data analysis. This study uses a descriptive method because it only describes and analyzes the event data obtained, by collecting data from library research and field research via online WhatsApp because of the PSBB situation. The results of this study indicate that by introducing and providing knowledge through animation about the COVID 19 virus to children, children will understand the current situation that the COVID 19 virus is very dangerous, and applying hygiene by always washing hands has many benefits for the health of the body and avoiding bacteria. This article is expected to be a reference source and add other knowledge for teachers, especially for parents in the application of personal hygiene to avoid the COVID 19 virus which in early 2020 was in an emergency condition.

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan kebersihan melalui animasi khususnya dalam jenjang PAUD, pada awal 2020  dunia termasuk Indonesia sedang dilanda virus yang mematikan yaitu virus covid 19. Mengapa sangat penting mengenalkan virus covid 19  kepada anak dengan melalui animasi ? mengapa juga kita harus menerapkan kebersihan ? hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif dengan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena  hanya menggambarkan dan menganalisis data kejadian yang di peroleh, dengan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan via online whatsapp karena situasi PSBB. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengenalkan dan memberi pengetahuan melalui animasi tentang virus covid 19 kepada anak,  anak akan memahami situasi saat ini bahwa virus covid 19 itu sangat berbahaya, serta menerapkan kebersihan dengan selalu mencuci tangan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan terhindar dari  bakteri.  Artikel ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi dan menambah pengetahuan lainnya bagi guru khususnya bagi orang tua dalam penerapan kebersihan diri untuk menghidari virus covid 19 yang pada tahun awal 2020 ini sedang dalam kondisi darurat

References

Aprianti, E. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD PADA PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1-9.

Arianru, V. A. (2020, January). UPAYA PENINGKATAN KESADARAN KEBERSIHAN DIRI PADA SISWA SD MELALUI GERAKAN MENCUCI TANGAN DAN MENYIKAT GIGI. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 2, pp. 220-225).

Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 1(5), 393-400.

Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 29-35.

Novitasari, Y. (2018). PENYULUHAN PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI KEGIATAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 224-229.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2020, January). METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN DAN PEMBIASAAN PERILAKU KESEHATAN DAN KESELAMATAN PADA ANAK USIA DINI. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)(Vol. 2, No. 1).

Downloads

Published

2020-08-18