UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MERONCE

Authors

  • Elni Nur Utami IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p15-22

Keywords:

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MERONCE

Abstract

Elni Nur Utami (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Anak Usia Dini Kelompok B TK Triaslingga Cimahi).

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi awal anak kelompok B sebelum dan sesudah diberikannya pendekatan pembelajaran melalui kegiatan meronce, mengetahui proses perkembangan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan meronce, dan mengetahui hasil dari kegiatan meronce dalam perkembangan kemampuan kognitif.

             Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan evaluasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik presentase dengan pelaksanaan beberapa tahapan.

             Kondisi awal kemampuan kognitif anak kelompok B TK Triaslingga Cimahi berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) hanya 0,0 %. Namun setelah diberikan tindakan siklus I, pencapaian perkembangan kognitif anak pada kategori BSB meningkat menjadi 45,4 %. Setelah diberikan tindakan siklus II, pencapaian perkembangan kognitif anak pada kategori BSB mengalami peningkatan menjadi 81,8 % dari keseluruhan anak.

             Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep “mengenal warna, ukuran, dan  bentuk geometri†dapat di tingkatkan melalui kegiatan meronce. Penggunaan media meronce ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik.            

References

Mulyasa, H.E. (2014). Manajemen PAUD.

Bandung: Remaja Rosda Karya

Nuraeni, Yuliani, Sujiono. (2008). Materi Pokok Metode Pengembangan Kognitif.

Jakarta: Universitas Terbuka

Pamadhi Hajar. (2009). Seni Keterampilan Anak.

Jakarta: Universitas Terbuka

Novikasari Meli. (2014) Teori .(online). Tersedia :http://melyloelhabox.blogspot.ac.id/2012/10/ Teori_Perkembangan_Kognitif_Jean_Piaget.html. (diakses November 2016).

Downloads

Published

2018-01-20