MENERAPKAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI

Authors

  • Dewi Purnama Anggini Suhendi IKIP Siliwangi Cimahi, Jalan Terusan Jendral Sudirman.
  • Dedah Jumiatin IKIP Siliwangi Cimahi, Jalan Terusan Jendral Sudirman.

Abstract

The purpose of conducting this research is to improve speaking skills through storytelling methods using image media in early childhood. This research was conducted so that early childhood can be more skilled and better at speaking. The research population is PAUD Insan Kencana. The research subjects were the 5-6 year age group with a total of 15 people consisting of 8 men and 7 women. The method used in classroom action research consists of two cycles. Data analysis using quantitative descriptive. The data collection technique used observation in the form of a check list observation sheet. The results of observations showed an increase in children's speaking skills through the storytelling method with pre-cycle results of 10% (2 people), cycle I 15% (3 people), and cycle II 60% (12 people). From these data the conclusion is that through the storytelling method using image media can improve children's speaking skills, it will be easier to do, more fun and the child will be better.

Tujuan melakukan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita menggunakan media gambar pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan agar anak usia dini dapat lebih terampil dan lebih baik lagi dalam berbicara.  Popoulasi penelitian adalah PAUD Insan Kencana. Subyek penelitian yaitu kelompok usia 5-6 tahun dengan jumlah 15 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan.  Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.   Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa lembar observasi check list.  Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan hasil prasiklus 10% (2 0rang ), siklus I 15% (3 orang), dan siklus II 60% (12 orang). Dari data tersebut kesimpulannya adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak akan lebih mudah dilakukan, lebih menyenangkan dan anak semakin baik.

References

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.

Mudini dan Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Depdiknas.

Rofi’uddin dan Zuhdi, D. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Sadiman, A.S. (2003). Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: CV Rajawali.

Sumitra, A., Windarsih, C.A., Elshap, D.S., Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Jurnal Tunas Siliwangi. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Siliwangi Bandung, 6 (1), 1-5.

Tarigan, H.G. (1983:15). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-12-24