MENUMBUHKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD MARGACINTA

Authors

  • Euis Siti Maemunah PAUD Margacinta, Jln. Ibrahim Adjie Bandung
  • Arifah A Riyanto IKIP Siliwangi, Jln. Terusan Jend. Sudirman Cimahi
  • Rita Nurrunnisa IKIP Siliwangi, Jln. Terusan Jend. Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Keywords:

Reading interests, Illustrated Storybooks

Abstract

children or students have not made reading a habit. This also happens in PAUD Margacinta, children are less interested in reading. They are more interested in games than books, so the ability of children in terms of reading is relatively lacking. Early childhood development has a profound effect on their future lives. The purpose of this research is to improve reading ability in children. This study uses qualitative descriptive research methods with research subjects 5-6 years old that number 17 children and educators. Research data in the form of observations, interviews, and documentation. Data analysis includes data reduction activities, data display, and conclusion drawing. The results showed children experienced significant development and improvement. Through interesting storytelling, activities make the child eager to learn. Picture storybooks are a highly effective medium for fostering reading interests, honing children's abilities, developing curiosity, training memory, and improving language skills.

Menjadikan anak gemar membaca adalah keinginan setiap orang tua, akan tetapi kenyataannya anak-anak atau siswa belum menjadikan membaca suatu kebiasaan. Ini pun terjadi di PAUD Margacinta, anak kurang berminat untuk membaca. Mereka lebih tertarik dengan game daripada buku, sehingga kemampuan anak dalam hal membaca relatif kurang. Perkembangan anak usia dini sangat berpengaruh pada kehidupan mereka di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 17 anak dan pendidik. Data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi aktivitas reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak mengalami perkembangan dan peningkatan yang signifikan. Melalui kegiatan bercerita yang menarik membuat anak bersemangat untuk belajar. Buku cerita bergambar adalah media yang sangat efektif untuk Menumbuhkan minat baca, mengasah  kemampuan anak,  mengembangkan rasa ingin tahu ,  melatih daya ingat, dan meningkatkan kemampuan berbahasa.

References

Astuti, F.R. ,Istiarini R. (2020). Upaya Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzel di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang, Jurnal Ceria Pendidikan Anak Usia Dini, volume 11, no 2, Januari (2020:32)

Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : R.Ruzz Media

Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Handayani ,T.,dan Istiriani,R.(2019) Upaya meningkatkan kemampuan bercerita melalui media celemek cerita pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Al Amanah kecamatan Periuk Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2),44-54

Idris, M.H., Ramdani I. (2014). Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media

Madyawati, L. (2015) Stategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Magelang: Prenada Media

Sumitra, A., Windarsih, A.C., Eishap, S.D., dan Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari, Jurnal Tunas Siliwangi ISSN : 2476-9789 (Print) 2581-0413 (Online) Vol. 6, No. 1, April (2020:4)

Tanjihah, Z., (2016). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Quran Di Taman Kanak-Kanak (Skripsi,Universitas Pendidikan Indonesia, 2016)

Wulandari, I. (2017). Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Donggeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta,Jurnal Bakti Saintek ISSN:2548-9593 Volume 1 Nomor 2 (2017:4)

Yuliana. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Bahan Ajar Dalam Perkembangan Moral Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Islamiyah Desa Tanjung Raja (Skripsi,Univesitas Islam Negeri Raden Intan Lampung ,2018 )

Downloads

Published

2020-12-30