PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD

Evin Evianti, Ayu Rissa Atika

Abstract


Cognitive development in early childhood is a strategic part of aspects of its development. The cognitive aspects of early childhood include learning to master vocabulary, memory, problem solving, logical thinking, and symbolic thinking. Piaget (in Khadijah, 2016). The importance of cognitive development in children can hone their intelligence early on. This study aims to describe cognitive development in early childhood with a vulnerable age of 5-6 years through flashcard media. Data collection techniques are by observation, interview, and documentation. This study used the descriptive qualitative method. The results showed that some children had an optimal cognitive ability improvement, children could process information obtained from their learning, children were able to solve problems in their daily lives and could develop the ability to receive and remember oral stories, recognize visual displays containing pictorial stories, count and combine words and numbers, mentioning 5 words and numbers, memorize the number of 5 objects in front of them. Based on the results of this study, flashcards media can improve the cognitive development of early childhood if done with well-planned planning and implementation. This research is expected to be able to provide a reference for educators to stimulate children to practice cognitive abilities and improve vocabulary, practice independence, and develop a memory for children aged 5-6 years.

Perkembangan kognitif pada anak usia dini merupakan bagian strategis dalam aspek perkembangannya. Aspek kognitif pada anak usia dini mencakup belajar dalam menguasai kosa kata, daya ingat, pemecahan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolis, Piaget (dalam Khadijah, 2016). Pentingnya perkembangan kognitif pada anak bisa mengasah kecerdasannya sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan kognitif pada anak usia dini dengan rentan usia 5-6 tahun melalui media flashcard. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada sebagian anak  mengalami peningkatan kemampuan kognitif secara optimal, anak dapat mengolah informasi apa yang diperoleh dari belajarnya, anak mampu memecahkan masalah dalam kesehariannya dan dapat mengembangkan kemampuan menerima dan mengingat cerita lisan,  mengenal tampilan visual berisi cerita bergambar, menghitung dan menggabungkan kata dan angka, menyebutkan lima kata dan angka, menghafal jumlah lima benda yang ada dihadapannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, media fashcard dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini apabila dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang terprogram dengan baik. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan referensi bagi pendidik untuk menstimulus anak guna melatih kemampuan kognitif dan meningkatkan kosa kata, melatih kemandirian serta mengembang daya ingat untuk anak usia 5-6 tahun.      


Keywords


Cognitive; Flashcard Media; Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2019). METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF DI TK TRIDAYA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1).

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar anak bermain & permainan anak usia dini. Jakarta: Prenada Media

Isjoni, (2011). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta

Khadijah, (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, ed.1. Medan: Perdana Publishing.

Moleong, L.J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurwidayati, A. (2015). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Flashcard., dilihat tgl 13/3/2020 http://repository.unej.ac.id/ha ndle/123456789/67078.

Nawawi, H., & Martini,M., Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, cet 2 1996

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Susilana, R., & Cepriyana (2009), Media Pembelajaran Bandung:CV.Wacana Prima.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats