MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN SENI MOZAIK DENGAN MEDIA KERTAS WARNA

Authors

  • Suwarti Suwarti IKIP Siliwangi Cimahi
  • Dedah Jumiatin IKIP Siliwangi Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Keywords:

Mosaic Art, Color Paper, Creativity.

Abstract

One of the aspects of art development in children's development is creativity, enabling each child to develop all their potential and abilities. Creativity is part of art, which is a way of generating new ideas. Mosaic art is an image or shape that is deliberately cut into pieces, then arranged by being affixed to a plane by applying glue. Based on the results of the observations, it was found that children's creativity skills had not yet appeared well, due to the lack of stimulus and learning that relied more on worksheets, coloring pictures so that researchers conducted research through the application of mosaic art with colored paper media with classroom action research methods. The research subjects were 20 children in the 5-6 year age group at PAUD Nurul Hikmah. The data collection technique used in this study is observation, for technical data analysis in this study using qualitative data analysis. Based on the research, it was found that 80% of children's creativity was increased through the application of mosaic art which was given with colored paper media with scissors and free-tearing techniques so that children were interested and happy with these activities.

Aspek perkembangan seni yang ada dalam perkembangan anak salah satunya kreativitas, memungkinkan setiap anak mengembangkan segala potensi dan kemampuannya. Kreativitas bagian dari seni, dimana  merupakan suatu cara  menghasilkan ide-ide baru. Seni Mozaik merupakan gambar  atau bentuk yang sengaja  dibuat dengan dipotong-potong, kemudian disusun dengan ditempelkan pada sebuah bidang dengan cara diberi lem. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh kemampuan kretaivitas anak masih belum muncul dengan baik, karena kurangnya stimulus dan pembelajaran yang lebih mengandalkan lembar kerja, mewarnai gambar sehingga peneliti melakukan penelitian melalui penerapan seni mozaik dengan media kertas warna dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yakni 20 orang anak kelompok usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Hikmah. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, untuk teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil 80% bahwa kreativitas anak meningkat melalui penerapan seni mozaik yang diberikan dengan media kertas warna dengan teknik gunting dan sobek bebas, agar anak tertarik dan  senang dengan kegiatan tersebut.

References

Affandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Hamalik. (2010). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hendriana, H., & Afrilianto. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama

Miameita, Y. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok B di TK Mutiara Ilmu Klaten. https://eprints.ums.ac(id) PDF. Diakses tanggal 09 November 2019.

Muharrar, S., & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Esensi Erlangga roup

Munandar, U. ( 2016). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Wulansari, R., Jubaedah, S.D., & Zahro, I.F. (2018). PENERAPAN SENI KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 1(3). 1-6

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdiknas

Downloads

Published

2021-01-04