PENERAPAN METODE PROYEK BERBASIS STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI KELOMPOK B

Maya Nur Amelia, Lenny Nuraeni

Abstract


The ability to recognize letters in children is the basis that children must have to be able to read. Learning letter recognition in early childhood that does not pay attention to the stages of development and learning characteristics of children will encourage academic stress in children. The project method is a learning method that encourages children to be able to play while learning in groups and with current technological advances, learning also develops. STEAM-based learning is a development of the 2013 curriculum that stimulates children to have the skills to think, cooperate, communicate, and collaborate with others. This research is library research with the data collection technique used in the literature study. A literature study is a data collection technique by collecting data from books, journals, and scientific papers. The data analysis used is a qualitative analysis carried out in three stages, namely data reduction, data presentation, and concluding. This study discusses the application of project learning carried out in schools, as well as how to implement STEAM-based project learning. The results of this study show that the application of the STEAM-based project method can be applied through the Market Day project. And in learning through the Market Day project, letter recognition can be presented through group play activities according to learning themes related to the Market Day project.

Kemampuan mengenal huruf pada anak merupakan dasar yang harus anak miliki untuk bisa membaca.Pembelajaran pengenalan huruf pada anak usia dini yang tidak memperhatikan tahapan perkembangan dan karakteristik belajar anak akan mendorong terjadinya stress akademik pada anak.Metode proyek merupakan salah satu metode pembelajaran yang mendorong anak-anak untukbisa bermain sambil belajar secara berkelompok dan dengan kemajuan teknologi saat ini, pembelajaran pun ikut mengalami perkembangan. Pembelajaran berbasis STEAM merupakan pengembangan dari kurikulum 2013 yang menstimulus anak untuk memiliki keterampilan berpikir, bekerjasama, berkomunikasi serta berkolaborasi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data yang berasal dari buku, jurnal, serta karya ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang dilakukan dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran proyek yang dilakukan di sekolah, serta bagaimana penerapan pembelajaran proyek berbasis STEAM. Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan metode proyek berbasis STEAM dapat diterapkan melalui proyek Market Day. Dan dalam pembelajaran melalui proyek Market Day, pengenalan huruf dapat disajikan melalui kegiatan bermain secara berkelompok sesuai dengan tema-tema pembelajaran yang terkait dengan proyek Market Day.



Keywords


Project Methods; STEAM-Based Learning; Ability to Recognize Letters; Early Childhood

References


Hasanah, U. [2019]. Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market day Bagi Anak Usia Dini. DEDIKASI, Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), pp. 8-19. Retrieved from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1599

Herman., & Rusmayadi. [2018]. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah. Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2(1), pp. 35-43. Retrieved from: https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5430

Imaduddin, M. [2017]. Mendesain Ulang Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Yang Konstuktif Melalui STEAM Project-Based Learning Yang Bernuansa Islami. PROCEEDINGS ANCOMS 2017. pp. 950-958. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/332633144

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Novitasari, K. [2018]. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di TK Nasima Kota Semarang. Universitas PGRI Yogyakarta, Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from: http://repository.upy.ac.id/1828/

Nurhikmayati, I. [2019]. Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2), pp. 41-50. Retrieved from: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1508

Nuraeni, L. [2015]. Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 dan 5 (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Tunas Siliwangi. 1(1), pp. 13-30. Retrieved from: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/89

Nuraeni, L., Andrisyah., & Nurunnisa, R. [2020]. Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal PendidIkan Anak Usia Dini, 4(1), pp. 20-29. Retrieved from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/204

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 137, 2014, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. [2019]. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. 9(1), pp. 11-18. Retrieved from: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1884 (belum ditulis pada kutipan paragraf)

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. [2017]. Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric. 1(1). pp. 1-13 Retrieved from: https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/547

Sari, M. [2020]. Penelitian Kepustakaan (Library Research). Penelitian Pendidikan IPA NATURAL SCIENCE, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6(1), pp. 41-53. Retrieved from: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Suharyoto, L. S. [2017]. Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market day. Golden Age, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), pp. 83-89. Retrieved from: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/2861

Suradika, A. Teknik Analisis Data. [2020, April]. Researchgate. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/340654541_Teknik_Analisis_Data

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Wulansuci, G., & Kurniati, E. [2017]. Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. JURNAL TUNAS SILIWANGI. 5(1), pp. 38-44. Retrieved from: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1272




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats