PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA

Nurlailly Badriah, Fifiet Dwi Tersna Santana

Abstract


This study aims to improve mathematical logic intelligence through learning to play snakes and ladders, early childhood is in a golden age  in its growth and development and needs to be facilitated and stimulated with various things to support the six aspects of development in early childhood. Early childhood can be stimulated through creativity with the support of teachers and parents at home. Researchers carry out activities to stimulate children to improve mathematical logic intelligence by playing snakes and ladders, with this can help children in introducing the symbols of numbers with fun play, so that children do not feel bored and bored when learning is taking place in counting. This study uses a qualitative descriptive method that this method is carried out directly with various natural contexts, then the researcher describes and describes the events in the field like the learning process, and the focus of research is assisted by using a camera, children are understood as a whole as individuals who interact with the environment, and researchers describe everything that happens in the field. The data analysis techniques used were data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of research in the field show that there is an increase in mathematical logic intelligence. Based on the results of the study, it can be concluded that learning the game of snakes and ladders can develop mathematical logic intelligence in early childhood.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui pembelajaran permain ular tangga, anak usia diniberada pada masa keemasan (Golden Age) dalam pertumbuhan dan perkemangannya serta perlu difasilitasi dan distimulus dengan berbagai hal untuk mendukung enam aspek perkembangan pada anak usia dini. Pada dasarnya anak usia dini dapat dirangsang melalui kreativitasnya dengan dukungan dari guru dan orang tua dirumah.Penelitimelakukan kegiatan untuk menstimulus anak dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dengan permainan ular tangga, dengan  ini  dapat membantu anak dalam mengenalkan lambang bilangan dengan bermain yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran sedang berlangsung dalam berhitung, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif bahwasannya metode ini dilakukan secara langsung dengan berbagai konteksalamiah, maka peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan kejadian yang ada dilapangan seperti apa proses pembelajarannya, dan fokus penelitian yang dibantu menggunakan kamera, anak dipahami secara utuh sebagai pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan, dan peneliti menuangkan semua yang terjadi dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilpangan menunjukan bahwa adanya peningkatan kecerdasan logika matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran permainan ular tangga dapat meumbuh kembangkankecerdasan logika matematika pada anak usia dini.


Keywords


Snake And Ladder Game; Intelligence Math Logic

Full Text:

PDF

References


Armstrong, T. (2002). Sekolah Sang Juara ; Menerapkan Multiple Intelligence di Dunia Pendidikan 2nd. Terjemahan. Bandung: Kaifa.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Batam: Interaksara.

Moleong, L. (2014). Metode Penelitin Kualitatif. Bandung : Remaja Karya.

Permendikbud, (2014). Permendikbud nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri. E, Nurinayah. S, Santana. FDT, dan Elshap. D. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Bergambar Model Pop UP Kelompok B. Jurnal Ceria : Vol. 2 No. 6 Tahun 2019. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3421. [diunduh tanggal 20 Agustus 2020].

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani. (2012). Format PAUD, Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats