PENERAPAN METODE STORY TELLING DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF

Euis Mariam, Ririn Hunafa Lestari

Abstract


Human language skills aim to communicate with other humans. Therefore, language has important rules in human life, including early childhood. Language development is very important in early childhood education, so one of the methods of learning is the storytelling method. Learning through storytelling can develop expressive abilities in early childhood. This study aims to determine the extent of early childhood language development in developing expressive language skills in early childhood. This research uses descriptive qualitative research methods. The data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation with thematic data analysis techniques. The results showed that the existence of the storytelling method in Kober At-tauhid shows the development of expressive language in children, especially the ability to speak through role-playing through hand puppets applied in Kober At-Tauhid. The child becomes active in responding to the information provided by the teacher and the child is able to answer questions based on the knowledge and experience gained while listening environment.

Kemampuan bahasa yang dimiliki manusia bertujuan untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Oleh karena itu,bahasa memiliki peraturan penting dalam kehidupan manusia termasuk salah satunya adalah anak usia dini.Perkembangan bahasa sangat penting dalam pendidikan usia anak dini, maka salah satu metode dalam pembelajarannya adalah metode storytelling.Pembelajaran melalui storytellingdapat mengembangkan kemampuan ekpresifanak usia dini.Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bahasa anak usia dini   dalam  mengembangkan kemampuan bahasa ekpresif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitiandeskriptif  kualitatif.Adapun  teknik pengumpulan data   dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasidengan teknik analisi data tematik.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dengan adanya metode story telling di Kober At-tauhid maka terlihat  perkembangan bahasa ekspresif  pada anak terutama kemampuan berbicara melalui bermain peran melalui boneka tanganyang diterapkan di Kober At Tauhid. Anak menjadi aktif dalam merespon informasi yang diberikan guru dan anak mampu menjawab pertanyaan yang didasari pada pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh saat mendengarkan.


Keywords


Expressive Language Skills; Story Telling Method

Full Text:

PDF

References


Aliyah. (2011). Kajian teori metode storytelling dengan media panggung boneka untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini: Studi Eksperimen Quasi di TK Negri pembina kabupaten majalengka .Tesis Universitas Pendidikan Indonesia

Dhieni,N(2006)Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fitri A.& Febrianti.L.E. (2017) Metode kualitatif “Grounded theory” Makalah sekolah tinggi Agama Islam Negeri ( Stain)

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, S., & Nurfalah (2008). Strategi Pembelajaran PAUD melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah Visi, 3(2), 198-203

Nurcahyani, D. (2010). Pengaruh Kegiatan storytelling Terhadap pertumbuhan minat baca Siswa di TK Bangun 1 Getaskec.Pabelan Kab. Semarang. Skripsi Universitas Diponogoro.

Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013

Suhartono (2005) Pengembangan keterampilan Berbicara anak usia dini. Jakarta Departemen pendidika Nasional.

Sumadinata. N.S (2011) Metode PenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, H (1994).Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Wulandari, R., Nursyamsiyah, S., Akhyadi, A. S., Jumiatin, D. J., & Sumitra, A. (2019). Media Boneka Tangan Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 37-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats